pokoknya demo

Ada sedikit cerita yang terselip dari pelelangan bmkt alias barang muatan asal kapal tenggelam beberapa waktu yang lalu. Bukan masalah lelang yang nihil peserta, tapi adanya mahasiswa yang berhasil menyusup masuk ke pelelangan dan berdemo menentang pelaksanaan lelang tersebut.

Wedew, akhir-akhir ini kalau ngomongin demonstrasi mahasiswa, yang terbayang kok malah gerombolan anak muda berjaket warna-warni yang cenderung rusuh dan maunya menang sendiri. Walaupun masih ada juga aksi-aksi damai mahasiswa yang sukses dan berjalan aman terkendali.

Trus aku jadi inget liputan demo beberapa waktu yang lalu, critanya para mahasiswa itu berdemo menentang pengesahan sebuah undang-undang. Salah seorang pendemo ditanya oleh reporter dari sebuah stasiun tipi swasta. Si reporter nanya pasal yang mana dari uu tersebut yang ditentang oleh si mahasiswa. Lha kok si mahasiswa langsung mati gaya, merah padam bengong gak tau mau ngomong apa. Gyahahahaha…. lha wong mbaca uu-nya aja ndak lho…. Nentang ya nentang, demo ya demo, tapi mbok yao ada ilmunya to nak… lha wong mahasiswa je.

Belom lagi yang jadi rusuh dan merusak benda-benda yang tidak ada hubungannya dengan tujuan demo, seperti demo pengusutan kasus bank century yg kok njut nimpuk-nimpuk restoran ayam goreng plus bakar-bakar kendaraan bermotor. Dan lebih konyol lagi kalau yang dibakar atau dirusak tu fasilitas kedinasan yang dibeli dengan uang negara wich is duit rakyat juga, kan nyebelin to ?

Dengan ingatan soal demo mahasiswa seperti itu, terus terang aku jadi senyum2 sendiri waktu baca tentang protes si Edwin Erlangga di lelang BMKT itu. Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UI itu sendirian membentangkan kertas karton bertuliskan ‘Tolak Lelang Cagar Budaya Indonesia’ sambil berteriak, “Tolak lelang, Cagar budaya Indonesia jangan sampai dijual ke asing,” Berasa bedanya deh, ama mahasiswa yang diwawancarai reporter tipi diatas tadi. Yang pertama mah modal mbengok bareng-bareng aja….

60 thoughts on “pokoknya demo

  1. satu2nya demo yg pernah kulakukan dulu waktu masih mahasiswa, mendemo dosen, yg kebetulan wakil dekan jurusan, utk diganti mengajarkan mata kuliah di jurusan aku, soale dosennya gak tau masuk, masuk2 ngasih tugas, abis gitu pulang lagi… hehehehe

  2. pennygata said: satu2nya demo yg pernah kulakukan dulu waktu masih mahasiswa, mendemo dosen, yg kebetulan wakil dekan jurusan, utk diganti mengajarkan mata kuliah di jurusan aku, soale dosennya gak tau masuk, masuk2 ngasih tugas, abis gitu pulang lagi… hehehehe

    yang begitu sih emang kudu didemo jeng…:)

  3. beneran… demo yang terasa (kalo segerombolan mahasiswa begitu ya) kok nampak anarki. seenaknya memenuhi jalan raya (yang juga fasilitas umum), seenaknya bertindak gegabah penuh adegan kekerasan (mulai dari lempar batu sampai bom molotov pun di”halal”kan), apalagi kalo seandainya mereka demo sekedar ikut2an (sesuai dengan penjelas mba ping di atas…).buat demo yang mbikin rakyat tepesona-lah. saya yang mantan mahasiswa jadi sedih ketika banyak yang bilang “mahasiswa sekarang jarang yang pake otak, hobinya pake otot”. nah loh???mungkin tidak semua mahasiswa seperti itu. tapi, yang bertindak negatif seperti itu juga ngga sedikit kan…*ngelus dadaagak emosi nih, hehehe

  4. mayamulyadi said: beneran… demo yang terasa (kalo segerombolan mahasiswa begitu ya) kok nampak anarki. seenaknya memenuhi jalan raya (yang juga fasilitas umum), seenaknya bertindak gegabah penuh adegan kekerasan (mulai dari lempar batu sampai bom molotov pun di”halal”kan), apalagi kalo seandainya mereka demo sekedar ikut2an (sesuai dengan penjelas mba ping di atas…).buat demo yang mbikin rakyat tepesona-lah. saya yang mantan mahasiswa jadi sedih ketika banyak yang bilang “mahasiswa sekarang jarang yang pake otak, hobinya pake otot”. nah loh???mungkin tidak semua mahasiswa seperti itu. tapi, yang bertindak negatif seperti itu juga ngga sedikit kan…*ngelus dadaagak emosi nih, hehehe

    jadinya kan yang damai ketutup beritanya ama yang anarkis ya jeng… :((

  5. zahratefiani said: lhaiyo daripada demo yg asal demo yg gak jelas …mending demo yg jelas dan menambah ilmu, setuju dengan ibu2..demo masak…hehehe…

    demo kaporitnya mak-mak ya jeng ? πŸ™‚

  6. lha wong sekarang kl orang demo yang penting rame dan teriak2, tapi mereka ndak paham apa sih yang sedang mereka perjuangkan*jadi ingat jaman masih muda, suka begitu jugauntung udah insap…

  7. satu2nya demo yang aku ikutin tuh waktu mau turunin Pak Harto gitu..deg2an sih disuruh duduk di tengah jalan S.Parman siang2 bolong padahal itu jalan kalo siang2 terkenal super macet… temen2ku malah ada yang ikutan ke kantor MPR dan duduk2 di atas atap-nya..kalo dipikir2 sekarang..how stupid I am..ngapain jugaaa ngikut2 tuh demo :p

  8. fendikristin said: satu2nya demo yang aku ikutin tuh waktu mau turunin Pak Harto gitu..deg2an sih disuruh duduk di tengah jalan S.Parman siang2 bolong padahal itu jalan kalo siang2 terkenal super macet… temen2ku malah ada yang ikutan ke kantor MPR dan duduk2 di atas atap-nya..kalo dipikir2 sekarang..how stupid I am..ngapain jugaaa ngikut2 tuh demo :p

    buat cerita anak-cucu jeng….. hahahaha….

  9. ekawidiyati said: mungkin yang ditanya reporter tv itu bukan mahasiswa asli mba….kadang2 pas demo gitu ada juga penyusupnya….

    bisa jadi, tapi kalo dilihat dari tampilannya sih kek-nya mahasiswa asli jeng…tapi ya sapa tau juga sih….:)

  10. ayudhia86 said: mba piing ^_^wah lelang BMKT? nihil peserta? ceritain dong mba ^^

    ada di detik.com Wi… tapi kata penyelenggaranya sih karena waktunya yg mepet… dah gitu katanya sih biasa kalo di lelang pertama pesertanaya minim, ntar tinggal bikin lelang kedua dst gitu….udah betah ni Wi ? ehem-ehem-eheeeeem…..:)

  11. demo anarkis ke laut aja deh.. biar nanti dimintai pertanggungjawaban di akhirat,, *gemezzzz bgt*kalo demo-ku eh, bukan namanya ‘aksi’ hehe.. *podho wae sakjane* yg ku ikuti jelas damai lah, kalo ga ya aku emoh melu2 mbak ping.. ^^v

  12. ratnapratiwi said: demo anarkis ke laut aja deh.. biar nanti dimintai pertanggungjawaban di akhirat,, *gemezzzz bgt*kalo demo-ku eh, bukan namanya ‘aksi’ hehe.. *podho wae sakjane* yg ku ikuti jelas damai lah, kalo ga ya aku emoh melu2 mbak ping.. ^^v

    aksi damai kan ? yuk mariiiiiiiiiiii…………..:)

  13. debapirez said: Iya,dengan status prosional mereka, bayaran mereka akan makin mahal hehe…*br denger cerita dr temen yg dpt 600 juta hasil dr koordinator demo hehe..

    jiyaaaah…. profesi yang menjanjikaaaaaaaaaaannn !!

  14. crochetshop said: pa lagi si mas yang demo sendirian itu manis. hehehe… apa tipuan kamera yah??????

    emang yg demo sendirian itu manis to ? nggak ngerti, wong cuma baca aja di detik, gak liat gambarnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s