belajar menyulam yuk : bunga aster dari lazy daisy stitch

Pelajaran menyulam lagi…. *bu guru sok semangat, padahal postingan pertama ilang, hiks*
Kali ini aku mo bahas tentang  lazy daisy stitch, stitch sederhana tapi fungsional…. ( aheeeeem ! ). Sebenernya pernah aku bahas di postingan lazy daisy stitch untuk daun, tapi kali ini aku mau coba untuk membuat bunga dari lazy daisy stitch… ceritanya sih mo bikin yang namanya bunga aster… *sok yakin*

yuk kita mulai  stitch-nya… ( bagian tengan bunga dibuat dari french knot, sudah ada di postingan sebelumnya ya… https://pingkanrizkiarto.wordpress.com/2010/01/10/belajar-menyulam-yuk-bunga-dari-french-knots/

mulai dari satu titik, buat satu french knot
pada dasarnya lazy daisy dibuat dengan cara seperti ini

gambar darihttp://www.victorian-embroidery-and-crafts.com

 

munculkan jarum/benag dari belakang di sebelah french knot

tusukkan lagi jarum kesebelah titik awal munculnya benang, lalu munculkan lagi jarum diatas titik awal tadi. Jarak antara titik tusuk jarum dan munculnya lagi tergantung berapa panjang lazy daisy stitch yang ingin kita buat.

posisikan jarum seperti gambar diatas, lalu tarik dan jaga jarum/benang tetap berada dalam lingkaran yg terbentuk

tarik benang sampai habis dan tusukkan kembali jarum ke ujung lengkungan


satu tusuk terbentuk 

Selanjutnya yuk mulai belajar menyulam bunganya, lalu sesuai step by step pembuatan stitch, kita buat kelopak mengelilingi pusat bunga

satu petal dari lazy daisy stitch

agar lebih rapi, buatlah empat petal pertama yang rata mengelilingi pusat bunga seperti gambar dibawah


setelah itu bisa diisi dengan petal-petal selanjutnya diantara keempat petal tersebut

Taraaaaa….. satu bunga aster….

tambahkan daun-daun,

Naaaaaah….. yuk sekarang kita coba membuat hiasan berbentuk lope, eh heart dari sulaman bunga aster dengan menggunakan lazy daisystitch. Nggak susah kok, dengan modal stitch sederhana ini kita bisa menambah hiasan manis dari sulam benang diatas baju, kaos, rok, kerudung, atau dimana saja yang kita ingin. Tapi ingat rule number one yaaa…. bisa disulam selama media itu masih bisa dilewati jarum dan benang… Jadi kalo mau menyulam diatas wajan ato panci, ya ndak bisaaaa……. huehehehe…. *halaaah, malah cengengesan dewe*

gambar dulu bentuk heart pada media yg akan kita sulam, gunakan pensil yg bisa hilang kalau dicuci

sulam bunga-nya….

tambahkan daun………naaaah…. jadi tooooooo ?

ni dia kaosnya…

Bagaimana murid-murid ? dicoba yuuuuuk……


Iklan

43 thoughts on “belajar menyulam yuk : bunga aster dari lazy daisy stitch

  1. raniuswah said: wah aku kecewa ni pdahal pengen nyulam di arit.gak bìsa pa buk?bisa deh buk ama temen?boleh ya?

    kalo arit ya digrafir aja to jeeeeng….ayooo…. sapa yang mau bikin tutorial grafir buat bu Ran ?! berhadiah arit cantik lhoooo…..

  2. arumbarmadisatrio said: aku mau posting fotonya phil2 pake hasil karyamu yang top abis….lha modelnya ternyata isin2 difotonya……….

    lain sama simbok-nya ya ? kalo simboknya ora isin2 ning malah ngisin-isini….. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s