Masuk SMU

Alhamdulillah, berkat doa prends semua di MP, Farhan diterima di smu al-muslim. Dan sekarang giliran bapak’e Farhan yg kudu pusing mbayar uang pangkalnya…hihihi…
Alhamdulillah ada asuransi sih, tapi tetep saja harus nambah beberapa jeti lagi. Tapi yg penting sudah ayem, anak sudah dapet sekolah yang dekat dengan kriteria sekolah idaman.

Duh, kalo ngomongin biaya sekolah hari gini memang potensial menaikkan tekanan darah orang tua. Lha piye, gak di negri gak di swasta sama aja jeti-jetinya… Spp-nya pun sudah ratusan ribu, bahkan untuk yg program SBI bisa mencapai setengah juta perbulan. Weleh-weleeeh… Padahal gak sedikit orang tua yang penghasilannya masih belom beranjak jauh dari UMR. Lha trus kepiye itu ? Mau disuruh sekolah kemana anak-anak itu ?
Padahal seingatku dulu, jaman sma dul
u ( nun jauh bertahun2 yang lalu ), sma negri adalah harapan untuk mendapatkan pendidikan dengan biaya yang terjangkau. Lalu bagaimana dengan sekarang ? Kok sepertinya sekolah2 sekarang berlomba2 untuk ber SBI ria yang notabene ber spp mahal ria juga.
Okelah dalam satu sekolah dimungkinkan ada dua program, SBI dan reguler. Tapi siapa yang bisa menjamin kalau si reguler tidak dianak tirikan ?

Sebenernya apa sih yg dicari dengan program SBI ini ?

*posting pertama dgn modal jempol, jd maap kalo desainnya minimalis*

76 thoughts on “Masuk SMU

  1. Konon, kata standar internasional itu menunjukkan rasa rendah diri bangsa Indonesia. Yang bikin “internasional” itu acuannnya mungkin kurikulum negara maju. Di negara mereka sendiri tidak ada kata standar Internasional

  2. Waaah ikut seneng dengernya. Klo ngomongin sekolah jgnkan mau msk smu mba, laaah aku yg lg nyari2 playdates bwt khansa aja lgsg pusing ngeliat uang masuk yg berjeti2 itu, malah ada yg 16jt bo scr cm buat maen, nyanyi, dan tepuk2 tangan doank gt looooh. Kmrn jg cari info SMU 8 JKT bwt adekku, uang msknya sktr 15-20jt, judulnya NEGRI pdhl. Klo program SBInya katanyaaaa bs smpe 50jt *ngelap keringat dingin*

  3. Kl nurutku ya buk, ngasi pendidikan itu kwjban ortu.Jd selama kita masih mau punya anak ya jangan mengharapkan sekolah gratis.Tp kudue phk sekolah jg liat2 tho. Biayae jgn dipukul rata, yg mampu dikenai buanyak ya harap maklum buat bantu temen anaknya yg punya ortu cuma buruh…Jgn pas daptar n wawancara berlomba2 ‘mengerekan diri’ pake baju jelek, perhiasan dipreteli semua, naek motor butut ke sekolah biar kena murah tp nanti kl dah keterima kek etalase toko mas berjalan, naek jaguar baru sampe ketemu gurunya si anak aja ga liat.Kita perlu realistislah sekolah pasti perlu dana, n pemerintahpun ga bisa menuhi semua kebutuhan sekolah. Makin bgs sekolah, yg berarti mkn bgs fasilitasnya pasti biaya makin besar….NB: ini sbnrnya ditujukan bwt diri sendiri, mumpung masih agak waras 😀

  4. @momKhansa : iya tuh, padahal prasaan dulu sma negri tu tempat belajar bermutu dengan biaya terjangkau… Jadi kalaupun ortu-nya kurang mampu, anak bisa mengangkat derajat ortu lewat jenjang pendidikan… Lha kalo sekarang piye ? Ndak da duwit ya ndak sekolah, pemiskinan terstruktur ?

  5. pingkanrizkiarto said: @pakdokter : terima kasih pak… Kalopun gak gratis tp yg murah gitu lho pak…Apa sekolahnya pas waktu kampanye aja ya pak ? 😀

    Ibarat rebutan taksi sewaktu peak hours.Gitu udah dapat, tinggal duduk manis kan?Sebodo sama yang masih rebutan.

  6. @makDepin : pendidikan mmg kewjiban ortu ke anak jeng. Tp yg aku lihat sekarang ini sepertinya bukan subsidi silang, tp sapa punya duit banyak dapet pendidikan bagus ( sbi, biaya mahal ). Kalo ndak da duit terima aja di reguler yang tentunya gak sebagus sbi, wong bayarnya jg lebih murah. Dan lebih murah pun tetep aja mahal…

  7. @makDepin lagi : ini bukan masalah gak mau kluar duit tp pengen sekolah bagus jeng, bukan. Tp sedih aja ngeliat anak2 yg sebenernya cerdas tp tidak punya akses ke pendidikan yg bermutu, karena ortunya bener2 kurang mampu…kemiskinan yang pada akhirnya hanya mewariskan kemiskinan juga…

  8. selamat buat dek Farhan, smg smkn berprestasi yah ^_^btw, sekolah islam yg bagus mmg mahal2 bgd ya mb… gmn jaman anak2ku nanti yah? hmm insya Allah ada rezekinya masing2 ya ^_^ keep DUIT aja deh ^^

  9. Waaa selamat Kak Farhan memang hebaaatt! :Ddooohh *tepak jidat* emang skul di indonesia tercintah ini bikin sakit kepala Mbakyu, aku aja sampe takut punya anak kedua, takut nga mampu biaya sekolah-nya yang melejit itu hiks..hiks….

  10. Iyo, ngerti buk. Tp yg aku blg ga mau keluar duit buat sekolah bgs memang ada lho buk.Disklh depin byk ibuk2 yg gt. Saking seringnya ‘tertipu’, sampe pernah ada ibuk yg nawar biaya dibilang sama panitianya ‘kl mau masuk sini ya segitu. Kl ga mau ya ga usah masuk sini’Padahal ibu itu memang ga semampu itu buk. Sampe2 ortu2 lain yg tau keadaannya nyaranin dia langsung madep ke suster pengurus *fyi, sekolah depin itu yayasan sekolah katolik yg dikelola susteran SND. Tp kl penerimaan siswa panitianya bukan para suster tsb*Akhirnya stlh si ibuk matur sendiri, suster malah ‘membebaskan’ ibu itu. Semampune meh byr brp…..Kalo aja semua sekolah pengurusnya ‘melek’ kek gt ya bu…

  11. depingacygacy said: Lha yo kwi buk, prakteknya ya spt ituh…. *sigh*Apa kita ganti mentri pendidikan aja buk

    mau diganti ma sapa?? mbak ping….ojok…mengko kurukulume cuman nyulam karo kristik…mbak rani??? ojok…nanti diajarin jadi kompor…mbak dewi??? ojo…..mengko dikasih kawat suruh uwer2 thok…karo ngasah golok…arum???? wah bisa kaco ntar negara ini kalo menteri pendidikannya kayak aku…….

  12. ooh postingan pake jempol.. abis kuk tumben dikit amat. Biasanya emak yang ini kan demen sekali ngomong panjang kali lebar hehe..klo negeri gak jadi nyoba nih?mengingat swastanya udah dapet n ada cadangan kaan.

  13. farhan, semogaa sukses ya dek ;))jamanku dulu uang kuliah di IPB cuma 450.000sekarang? di atas 1 jeti…hiks…….tiap ke sana ngliatnya anak-anak muda dengan laptop sudah jadi pemandangan biasa, parkiran penuh dengan mobil mobil *yang mobil dosen aja kalah bagus*..hiks..

  14. selamat untuk mas farhan…smoga cucok dan berprestasi.Pendidikan mahal ya karena dr kita sendiri yg menentukan standard itu. Makanya gak heran skrg pendidikan dan kesehatan sudah jadi lahan bisnis….skrg tinggal anakanya dikasih warning, le…sekolahe larang, sekolah sing pinter nggih ?

  15. pingkanrizkiarto said: dadi awak dewe ki ora ono sing duwe potongan dadi mendiknas yo ? Yen dadi presiden wae piye ?

    mesos ae…opo menteri perdagangan…nanti perdagangan bakal maju pesat lha wong menterinya belanja samapi mati…..

  16. Bersyukur Farhan bisa sekolah berkualitas, selamat ya. Wah, bakalan makin seru ngempinya Ping 🙂 bisa tambah lama bathroom time time 🙂 nyindir diri sendiri sebenarnya hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s