belajar menyulam yuk : memulai sulam pita

Sulam pita….. hhhmmmm….. sok bener mo bikin tutorial sulam pita, ha wong pinter juga enggak, jago juga belom…. ( ayam kaleeee….). Tapi apa salahnya dicoba, kan niatnya untuk tukar ilmu juga, sapa tau ada yang bisa kasih koreksi untuk caraku bersulam pita ria, oke penontooon, mariiii….

Secara garis besar, dasar2 untuk sulam pita tidaklah jauh berbeda dengan sulam benang biasa, jenis-jenis stitch ( tusuk ) -nya juga sama, hanya saja dalam sulam pita, benang digantikan posisinya oleh pita. Bahan yang harus disiapkan ?

  1. Pita ( dong, tentu saja ), paling sip memang menggunakan pita sutra, tapi muahal dan relatif lebih susah dicari. Jadi ndak pa-pa kalau mau memakai pita polyester ato rayon yang bisa kita temukan dengan mudah di toko2 alat jahit di pasar. Yang perlu diingat adalah usahakan menggunakan pita yang tidak mudah rusak saat ditarik melalui media kain yang akan disulam.
  2. Jarum. Pilih jarum tajam yang mempunyai lobang jarum yang memanjang, sehingga pita dapat dengan mudah dipasangkan, jarum chenille ( bukan getuk ato klepon ya bu Rani ! ) pas untuk keperluan ini, tajam dan mempunyai lobang jarum yang lumayan panjang. Jarum tapestry ( jarum nggak tajem yang biasa dipakai untuk kristik ) juga bagus, hanya saja ujungnya tidak setajam jarum klepon, eh chenille…
  3. Kain. Sebenernya semua jenis kain bisa digunakan, tapi untuk belajar lebih baik menggunakan kain yang tidak terlalu rapat tenunannya, sehingga pita lebih mudah lolos melewatinya. Asliiiii…. urusan ini sempet bikin aku frustasi, secara pita kan lebih mbendol daripada benang ( mbendol apaan ? mbuh ah, wis pokok’e lebih susah diloloskan melalui kain lah… ). Sampai saat ini aku masih memakai kain belacu sama kain strimin / aida.
  4. Hoop alias pembidangan
  5. Gunting
  6. Sebenernya masih ada beberapa additional handy tools lainnya, but untuk saat ini, ini aja dulu deh…

Untuk pola, agak berbeda dengan sulam benang, pada sulam pita biasanya hanya dibuat tanda untuk menentukan posisi dimana sulaman akan dibuat. Mo nyulam bunga, tandai saja dimana akan disulam tu bunga, tidak perlu nggambar bunga secara lengkap… Tapi ingat, selalu usahakan untuk memakai alat tulis bisa dibersihkan dengan mudah.

Ehm, tapi sebelum mulai, belajar pasang pita di jarum dulu yuk !

masukkan pita ke jarum seperti biasa kalau kita mo masang benang di jarum

tusukkan jarum ke ujung pendek dari pita, teruskan sampai ujung pendek tersebut mendekati lobang jarum

tarik ujung panjang pita yang panjang sehingga pita terkunci di lobang jarum..
lebih mudah kalau sambil dipraktekkan, kalau hanya dibaca memang jadi rada sulit mbayanginnya….

Lalu biar pita nggak bablas lolos di kain, buat bundelan di ujung pita yang panjang, aku biasa membuat simpul sederhana saja untuk bundelannya

cara pembuatan bunganya ada di postingan selanjutnya, di kategori BelajarCraftsYuk

Iklan

75 thoughts on “belajar menyulam yuk : memulai sulam pita

  1. Jarum. Pilih jarum tajam yang mempunyai lobang jarum yang memanjang, sehingga pita dapat dengan mudah dipasangkan, jarum chenille ( bukan getuk ato klepon ya bu Rani ! ) pas untuk keperluan ini, tajam dan mempunyai lobang jarum yang lumayan panjang. Jarum tapestry ( jarum nggak tajem yang biasa dipakai untuk kristik ) juga bagus, hanya saja ujungnya tidak setajam jarum klepon, eh chenille…(mangsute opo ki… ngajak ribut apa ngajar njait….????)))))nyesel aku mampir rene…

  2. raniuswah said: bebas..pita kaset yang gak kepake juga bisa kok mbak..(buat njiret leher yang kemaren itu lho..!!)

    ahhhhh aku nggak dsibagi idnya…..pengin baca aja…janji nggak komen….sumpah!!!! daripada aku bunuh diri pake pita buat nyulam lho/…….

  3. arumbarmadisatrio said: ahhhhh aku nggak dsibagi idnya…..pengin baca aja…janji nggak komen….sumpah!!!! daripada aku bunuh diri pake pita buat nyulam lho/…….

    huaaaa…masih penasaran..percuma buk udah ganti ID + postingannya udah pada di delete. takut dijiret pake pita dia..(bu Pink bisa di bordir gak jidat ni orang??)

  4. raniuswah said: Jarum. Pilih jarum tajam yang mempunyai lobang jarum yang memanjang, sehingga pita dapat dengan mudah dipasangkan, jarum chenille ( bukan getuk ato klepon ya bu Rani ! ) pas untuk keperluan ini, tajam dan mempunyai lobang jarum yang lumayan panjang. Jarum tapestry ( jarum nggak tajem yang biasa dipakai untuk kristik ) juga bagus, hanya saja ujungnya tidak setajam jarum klepon, eh chenille…(mangsute opo ki… ngajak ribut apa ngajar njait….????)))))nyesel aku mampir rene…

    bukan…..mbak ping ngajak makan klepon dan cenil dan pastry….makanya aku bilang …enak di sini buat ngrumpi…anget dan akeh panganan….

  5. raniuswah said: huaaaa…masih penasaran..percuma buk udah ganti ID + postingannya udah pada di delete. takut dijiret pake pita dia..(bu Pink bisa di bordir gak jidat ni orang??)

    yang satunya juga????wah….sido bunuh diri nganggo pita kesert rombeeng tenan ki….*sik sik…njupuk getuk, klepon dan cenil ndisik…*

  6. arumbarmadisatrio said: ahhhhh aku nggak dsibagi idnya…..pengin baca aja…janji nggak komen….sumpah!!!! daripada aku bunuh diri pake pita buat nyulam lho/…….

    dikasi tau dong bu Raniiiiii……udah mimbik2 mo mewek tuuuuuuuuuuh……

  7. raniuswah said: huaaaa…masih penasaran..percuma buk udah ganti ID + postingannya udah pada di delete. takut dijiret pake pita dia..(bu Pink bisa di bordir gak jidat ni orang??)

    mbok wis dikandani tooo…. paling cuma ooooooooooo….. ndomblong ae… cah cilik wae kok…

  8. pingkanrizkiarto said: mbok wis dikandani tooo…. paling cuma ooooooooooo….. ndomblong ae… cah cilik wae kok…

    aduuuh, makanya ato….arek cilik ki di sayang2…..malah dipolosoro ngene……sampe bunuh diri barang

  9. pingkanrizkiarto said: si kucing garongnya ?

    Bu..out of topic niiih..tapi aku jadi ketawa…Pa’ jono yang jual sepatu tak panggil ke officeku, tak takon.pak piye sepatu waktu itu kan belom cerita..aku dateng terus telepon buk Pink, janjian, terus orangnya turun… baik,, cantik..terus aku gak punya susu’an ku tanya apa tak titip bu Rani, buk Pink masak bilang “saya cuma temen buk Rani di Internet doaaaaang….”piye tooh ngisin2ke wae . aku kan bilang pak tolong kirim ya ini yang mau beli temen saya orangnya baek kok.mosok diajeng ngomong kalo gak kenal aku….???(maluuu niiih ama om Jon….)

  10. nitafebri said: oow gitu..bahan2nya mahal gak.. klo mahal males ah belinya..secara yaa blum tentu tar bener jadinya..

    murah meriah kok Nit…. beli di toko kain / alat2 jahit yang dipasar insya Allah ada…beli dikit aja dulu, bahan ma pita setengah meter-setengah meter juga boleh, nggak harus beli segulung….

  11. Hahahaha…asli nih cerita soal pak jono n sepatu bu pingkan bikin ngakak..Lha piye yo Bu?emg kita kenalnya cuma di internet…tp udah kyk teman ngerumpi aja sich..hehehe.. Dari curhat ampe ngasah golok bareng..:D

  12. raniuswah said: terus aku gak punya susu’an ku tanya apa tak titip bu Rani, buk Pink masak bilang “saya cuma temen buk Rani di Internet doaaaaang….”

    Wadooooooooh, mohon maap beribu maap….lha ini yang bikin aku mendadak dangdut, eh mendadak bingung, lha wong si bapak maksa mo nitipin susu’an ke bu Rani aja ya ? ya ?udah dibilang ndak usah susuk aja, nti malah ngrepotin bu Rani…. masih mekso ntar mau dititipin ke bu Rani aja…. lha piyeeee….. mosok aku mudu cerita panjang lebaaaaaaaaaaaaaar kisah pertemuan kita di empi ?yang penting si bapak itu tahu, kalo dititipin ke bu Rani sama aja ngrepotin bu Rani…. mosok bu Rani harus nganterin susu’an ke rawamangun ? xixixixi…. eh tapi sekalin kopdar aja kali yeee ?Lha tapi kan bener orangnya baeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek ?wkwkwkwkw……. ( soal cantik siiiiiiiiiiiiiiiy…………. wuixixixixix….. )

  13. pingkanrizkiarto said: Wadooooooooh, mohon maap beribu maap….lha ini yang bikin aku mendadak dangdut, eh mendadak bingung, lha wong si bapak maksa mo nitipin susu’an ke bu Rani aja ya ? ya ?udah dibilang ndak usah susuk aja, nti malah ngrepotin bu Rani…. masih mekso ntar mau dititipin ke bu Rani aja…. lha piyeeee….. mosok aku mudu cerita panjang lebaaaaaaaaaaaaaar kisah pertemuan kita di empi ?yang penting si bapak itu tahu, kalo dititipin ke bu Rani sama aja ngrepotin bu Rani…. mosok bu Rani harus nganterin susu’an ke rawamangun ? xixixixi…. eh tapi sekalin kopdar aja kali yeee ?Lha tapi kan bener orangnya baeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeek ?wkwkwkwkw……. ( soal cantik siiiiiiiiiiiiiiiy…………. wuixixixixix….. )

    dasar emak2 yang secret dan ngisin2ku ojok di sebut ke om Jon dong..dengan lugunya de’e nakon..”mbak emang buk Pink belum pernah ketemu mbak ya…??wallaaaaaahhhhhh

  14. bundananda said: Hahahaha…asli nih cerita soal pak jono n sepatu bu pingkan bikin ngakak..Lha piye yo Bu?emg kita kenalnya cuma di internet…tp udah kyk teman ngerumpi aja sich..hehehe.. Dari curhat ampe ngasah golok bareng..:D

    xixixixi….. perlu dijadwal kopdaran nih…kalo perlu pak jon diundang buat klarifikasi….

  15. raniuswah said: dasar emak2 yang secret dan ngisin2ku ojok di sebut ke om Jon dong..dengan lugunya de’e nakon..”mbak emang buk Pink belum pernah ketemu mbak ya…??wallaaaaaahhhhhh

    wuahahahahah….terbayang wajahmu bersemu merah dadu….

  16. pingkanrizkiarto said: wuahahahahah….terbayang wajahmu bersemu merah dadu….

    pura2 gak denger ae..tak bilang.”o ya udah pak yang penting urusannya beres.Makasih ya pak, sepatunya sedeng. De’e nanggut2 terus keluar”aku pura2 gak RUNGU….

  17. raniuswah said: pura2 gak denger ae..tak bilang.”o ya udah pak yang penting urusannya beres.Makasih ya pak, sepatunya sedeng. De’e nanggut2 terus keluar”aku pura2 gak RUNGU….

    jiyakakakakaka…perlu dapet piala Citra untuk Peran Sok Cuek Terbaik !!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s