belajar menyulam yuk : satin stich

Pertama bangeeet… semua yang aku tulis soal sulam menyulam ini kebanyakan berasal dari pengalaman pribadiku, jadi mohon maaf kalau penyajiannya seadanya saja bahkan mungkin rada mbingungi ( tapi kalo bingung boleh tanya kok, insya Allah aku jawab sebisaku ).

Kali ini aku mau cerita tentang mengisi bidang sulaman, maksudnya mengisi bentuk sesuai pola dengan benang sulam…. halaaaah…. malah mbulet to iki bahasanya. Wis pokok-nya waktu pertama kali mengenal sulam menyulam dulu ( kalau nggak salah waktu kelas 4 SD ), tahuku menyulam bunga tu ya membuat gambar bunga dulu di kain, lalu diisi dengan benang dari kiri ke kanan atau dari atas kebawah, seperti ini lho


Makin tuwa ( halah, lagi hobi banget ama kata makin tuwa nih ), makin tahu aku bahwa yang namanya sulam menyulam itu bisa menggunakan berbagai macam tusuk alias stitch. Nggak cuma modal satin stitch ( jadi tahu kalau modalku dulu itu namanya satin stitch ), ada banyaaaaaaak macam stitch yang lainnya, dari running sticth sampai bullion knot.

So, membuat gambar alias mengisi bidang bisa juga dengan cara ini :




Banyak untungnya menggunakan cara ini, karena untuk mengisi bidang yang lebar, satin stitch biasa suka nggak bagus hasilnya. Disamping itu, dengan cara seperti diatas, bisa dibuat gradasi warna sesuai keinginan kita dengan mengganti warna benang sesuai keinginan kita. Contohnya seperti ini nih :




seperti bisa dilihat diatas, untuk bunganya aku memakai satin stich biasa, karena bidangnya kecil. Sedangkan untuk daun dibawahnya aku memakai satin stich yang keci-kecil untuk mengisi bidang pola daun yang lebar dan bergradasi warna.



caranya gampang kok…. kek gini nih…



Jadi penuhi bidang dengan tusuk/stitch kecil-kecil sampai penuh, bisa dari atas kebawah atau menyamping, tergantung kemauan kita ingin membuat gambar dengan arah alur kemana…

Dibawah ini contoh dengan satin stitch langsung ( kiri ) dan satin stitch kecil2 ( kanan )


Dibawah ini sulaman lain ( modal satin stitches juga ) yang aku bikin dalam rangka ulang tahun suami seorang sahabat di mp. Sama seperti yang diatas, gambar ini disulam di sarung book-end, biar sandaran bukunya kliatan lebih cantik dikit, gak cuma polos doang…. dan Alhamddulillah berkat sulaman yang satu ini aku berhasil dapet hadiah satu paket cantik….. senangnyaaaaaaa….




47 thoughts on “belajar menyulam yuk : satin stich

  1. wadooohh… aku gak telaten bikin beginian… biasanya kalo bikin gak pernah sampe finish…… emmmm tapi boleh juga tuh dicoba sekali-sekali…. kalo ada jenis tusukan yang lain dibagi2 bagi yaaaaa….*ada tusukan sate gak….*

  2. pingkanrizkiarto said: caranya gampang kok.

    yang bener atuuh mba ping..dibilang gampang..yang gak ngerti masih planga plongo binun.. hehebtw ini pake kain apa yaa, khusus gak tuh kainnnya?

  3. lollytadiah said: wadooohh… aku gak telaten bikin beginian… biasanya kalo bikin gak pernah sampe finish…… emmmm tapi boleh juga tuh dicoba sekali-sekali…. kalo ada jenis tusukan yang lain dibagi2 bagi yaaaaa….*ada tusukan sate gak….*

    wis mbak loly nyate ae nek ngono….

  4. iwananashaya said: Keren, Mbak… Saya jadi kangen nyulam lagi.. ^ ^Senang lihat teman yang kreatif kayak gini…Jadi semakin bersemangat untuk wirausaha. ^ ^

    Alhamdulillah, terima kasiiiiih….ayo nyulam lagi…. 🙂

  5. nitafebri said: yang bener atuuh mba ping..dibilang gampang..yang gak ngerti masih planga plongo binun.. hehebtw ini pake kain apa yaa, khusus gak tuh kainnnya?

    lha kan kliatan gambarnya say…..kalau cuma dibaca n dibayangin aja sih ya bisa bingung, coba sambil pegang benang ma jarum…. gak sesulit yang dibayangkan kok…. jadi ayo dicoba !semua kain bisa dipakai, asal masih bisa dilewati benang ma jarum aja. Itu aku pakai kain blacu, murah meriah mantap !

  6. nitafebri said: yaa ampuuun dua kali koment gag ada yang masuk juga..btw itu pake kain apaan sih?kain biasa, atau khusus?

    itu ada satu komen-mu Nit, udah di-reply kan ? masalah kain terserah kita kok Nit, tapi kalau untuk belajar mendingan pakai katun polos atau belacu aja….

  7. pingkanrizkiarto said: ya kesini !

    ya gak bisa wong klambine suwek..ayo posting pake gambar gitu..kal ada baju anakku yang nyangkut, tersangkut ato disangkutin ama anakku jadi gak usah ke tkg jait

  8. raniuswah said: ya gak bisa wong klambine suwek..ayo posting pake gambar gitu..kal ada baju anakku yang nyangkut, tersangkut ato disangkutin ama anakku jadi gak usah ke tkg jait

    kalo urusan tisik menisik aku lebih suka pakai mesin jahit, kebetulan mesin jahitku bisa dipakai untuk jahitan zjg-zag…nisik pakai tangan ? males ah, enggak cantik sih…. :Dkok podo yo ? anakku yang paling gede itu kok hobi banget bikin suwek, bolong atau bodol klambine….

  9. axhu said: diingat! hehe ilmu. meski belum pernah menyulam, hehe kebangeten nggeh Mbak. liat sulaman Mbak Pingkan jadi ingin belajar, bagi ilmunya ya Mbak, matur suwun.

    dicoba yuk Mar, asyik lhoooo…..terima kasih kembali…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s