Tetangga Sebelah….

Ini soal lahan tetangga lagi, itu tuh soal efbi yang sempet bikin demam dimana-mana ( daku masih setia deman mp aja deh…. ). Ceritanya temenku diprotes anaknya soal fb ini, bukan, bukan karena kebanyakan ngefbi, lha wong sebenernya temenku ini termasuk yang sangat jarang ber-efbi ria…. Tapi dari skala jarang yang memang truly jarang itu, anak-anaknya merasakan efek ‘buruk’-nya.

Sambil nyengir kecut temenku itu mengulangi kalimat protes anak-anaknya “Ibu kalau habis fb-an pasti jadi marah-marah”. Lha apa pasal ? mau tau ? ini nih contoh omelan temenku itu pasca ber-efbi ria… “Udah dibela-belain ibu di rumah aja, kok kalian masih bandel-bandel sih ?” lho kok ? “Lihat tuh temen-temen ibu sudah S-2, S-3…” Oooooo….. wahahahaha….. tertawalah aku melihat senyum kecut temenku ini…. Ngiri nih say ?

Sebenernya temenku itu tidak total “hanya di rumah saja”, dalam artian dia juga masih bekerja, buka praktek dokter di rumah. Tapi jendela fb ternyata sudah membawa kabar tentang teman-teman lamanya yang ( menurut dia ) sudah melesat jauh dalam urusan sekolah dan barangkali juga karir dalam bekerja. Jadilah ada terbersit sedikit rasa kepingin dalam hati temenku ini. Manusiawi siiiiih…. hehehehe….

Hebat juga ya ? bagaimana jejaring sosial sudah membuat kita semakin mudah untuk ber-wang-sinawang, alias saling memandang ( dan menilai ) hidup orang lain. Tidak ada hukum yang melarang orang untuk meng-up load foto2 perjalanannya keluar negeri, foto rumah miliknya yang gedong magrong-magrong, mobil-(mobilnya) yang kinclong, ataupun status atau postingannya tentang hidup dan kariernya yang cemerlang….

Lha ya biarin aja to… wong ya memang begitulah kehidupannya. Tinggallah kita ( kita ? guwe aja kaleeeee….. ) yang cuma bisa men-nyawang ini, untuk pandai-pandai menjaga hati agar tidak terjatuh dalam jurang iri dan dengki alias meri bin srei.… Nggak usahlah mbanding2-in kalau ujung-ujungnya hanya akan membuat kita merasa nelangsa, karena merasa bahwa hidup kita tidaklah sehebat hidup teman kita yang terpampang di jejaring sosial.

Tapi lain masalahnya, kalau dari rasa kepingin itu trus malah jadi semacam pemacu bagi kita untuk berusaha meraih yang terbaik dalam hidup. Itu sih baguuuusss…. Dan perlu diingat juga lho, yang terbaik, sukses dan juga kebahagiaan itu punya jalan dan ukuran sendiri-sendiri bagi tiap orang…. so, be happy n proud of your own life…. yuk mareeeee……



102 thoughts on “Tetangga Sebelah….

  1. ehemmm…ehemmm… ikutan comment ya🙂 terus terang, emang teknologi ini bikin hati merana, haiyahhhh.. bahasanya. coz klo jalan2 ke efbi temen ihikkkkk liat doi di amrik, jerman, prancis, haiyahhhh… pengin. tp cuma sekedar pengin.🙂 akhirnya kaki dipaksa mendarat di bumi, coz masih byk yg lbh sussyaaah dari awak🙂 BERSYUKUR judulnya🙂

  2. rirhikyu said: iri tanda tak mampu weekk.. :phuaaa.. drpd marah mendingan balik eMPi ajah dah

    kalau dalam kasus temenku itu, sebenernya dia mampu sih Feb kalau cuma S2 ato S3… justru itu yang kadang menerbitkan rasa nelangso…. Tapi wong ya dia sudah mantap memilih untuk selalu nemenin anak-anaknya di rumah… jadi ya meri-meri dikit gpp deh…. :))

  3. rikahome said: tp cuma sekedar pengin.🙂 akhirnya kaki dipaksa mendarat di bumi, coz masih byk yg lbh sussyaaah dari awak🙂 BERSYUKUR judulnya🙂

    siiiippp….. masih banyak yang bisa dan harus kita syukuri jeng…:))

  4. pingkanrizkiarto said: kalau dalam kasus temenku itu, sebenernya dia mampu sih Feb kalau cuma S2 ato S3… justru itu yang kadang menerbitkan rasa nelangso…. Tapi wong ya dia sudah mantap memilih untuk selalu nemenin anak-anaknya di rumah… jadi ya meri-meri dikit gpp deh…. :))

    Yo salah dewek kalo gitu :p

  5. rirhikyu said: Yo salah dewek kalo gitu :p

    aku lebih suka menyebutnya “manusiawi” jeng…. bukan masalah salah atau benar… wong kadang aku sendiri juga masih punya rasa iri kok…. hehehehe…. i’m just a human being…😀

  6. aku setuju.jadilah diriku sendiri. punya temen2 kaya disini aja udah bikin tidur tambah nyenyak makan tambah enak….apa lagi coba??buatku FB cuma untuk berbagi kabar dari dunia nyata.. thats it. gak ada yang lain..

  7. kalo aku lebih seneng ngempi…pertama….karena di mp nggak ada mantan pacar….*aman to….*kedua….di mp nggak banyak game…..*takut kecanduan*ketiga….di mp lebih nyaman buat nulis, aman damai sejahtera gitu deh pokoknyakeempat….bojoku ngikutin perkembangan kita di mpke lima…..nggak ada bapak2 yang ngajak chat….*soalnya kalo di fb yang ada orang 2 kilang pada ngajak chat…ha…ha…ha…*ke enam…..infonya nggak penting banget kan…….*niatnya mau menuh2in rumah mbak ping*

  8. depingacygacy said: @mba arumAku ya lbh nyaman di mp…. Mpers asik2… Di fb temen sekolahpun dah ga ada yg slg sapa, benci aku!!!Yuk kita lanjut rumpi ditempat laen biar bu ping ga dgr *bawa pergi suguhane*

    mbak ping udah pasangi penyadap…kayak kita nih pejabat aja. *ngangkut tiker dan bantal biar semakin enak ngrumpinya.*

  9. nafrisalraihan said: Bersyukur aja dech, Nggak akan ada habisnya kalau kita selalu membandingkan diri dengan orang lain, biarkan keberhasilan orang lain jadi penyemangat diri aja, bukan malah jadi kendala bagi kita🙂

    siaaaaaaaaapppp !!

  10. arumbarmadisatrio said: kalo aku lebih seneng ngempi…pertama….karena di mp nggak ada mantan pacar….*aman to….*kedua….di mp nggak banyak game…..*takut kecanduan*ketiga….di mp lebih nyaman buat nulis, aman damai sejahtera gitu deh pokoknyakeempat….bojoku ngikutin perkembangan kita di mpke lima…..nggak ada bapak2 yang ngajak chat….*soalnya kalo di fb yang ada orang 2 kilang pada ngajak chat…ha…ha…ha…*ke enam…..infonya nggak penting banget kan…….*niatnya mau menuh2in rumah mbak ping*

    ckckckckck….selebritis mBalongan berbagi kisah…..:))

  11. bundananda said: Peluk bu Pingkan aaah..Nice posting Bu..Bu, kalo ngempi atau fb bikin tambah stres krn ngiri lht orang, lebih baik delete account deh.

    terima kasiiiiiiiiihhhh….. *peluk bunda juga*iya sih, yang tadinya niat pengen nyambung ma temen-temen kok malah jadi penyakit….. hehehehe….

  12. nitafebri said: bu ping udah nyobain lahan satu lagi blom di BS n WP..disana juga lebih wuah looh.. =P

    pernah nyoba bikin BS ma WP, tapi berasa nggak nyaman aja, udah keenakan ma MP sih….. xixixix…tapi seneng juga jalan2 di BS, terutama untuk urusan jahit menjahit, tapi kebanyakan bule sih yang punya…. jadi mumet juga urusan english-nya…😀

  13. thetrueideas said: Kalau ngempi nggak bisa sawang sinawang yak?😀

    ya sebenernya bisa juga mas, tapi mungkin nggak seheboh di efbi, yang dengan sedikit tulisan ” lagi di Disneyland nih, asik banget” udah bisa bikin orang sirik berjama’ah…… hahahahahaha…..

  14. depingacygacy said: @mba arumAku ya lbh nyaman di mp…. Mpers asik2… Di fb temen sekolahpun dah ga ada yg slg sapa, benci aku!!!Yuk kita lanjut rumpi ditempat laen biar bu ping ga dgr *bawa pergi suguhane*

    di efbi kayak’e lebih sibuk sendiri-sendiri ya ?*suguhan didelikke wae*

  15. depingacygacy said: @mba arumMudah2an kayanya kaya pejabat mba. Mungkin bu ping dkt kantor2 gt makane sok trauma ngadepi pejabat….

    ngadepin mamaDepin ama Arum ngalahh-ngalahin ngadepin penjahat, eh pejabat….. xixixixi…..

  16. novitautami said: aku sukanya maen efbi karena bisa ketemu teman teman sd semasa di desa. ternyata efbe sudah masuk desa juga… hahaa

    hare gene getoooo…..hehehehe…. tapi emang seru banget kalau soal nyari temen2 lama lewat fb….:))

  17. filzhaizati said: iri,….sifat manusiawi ya bu ~>aku juga pernah kok bu,hehe just on my mind ga sampai yang macem2 pasri dibalik keindahan sesorang dia juga menyimpan masalah yang kita tak tahu,….

    ada baiknya juga kita punya rasa ‘iri’, kalau kita bisa mengubahnya menjadi energi positif yang bisa memacu kita untuk mencapai yang terbaik…. ( waduh bahasanya….. hihihihi… )

  18. pingkanrizkiarto said: ngadepin mamaDepin ama Arum ngalahh-ngalahin ngadepin penjahat, eh pejabat….. xixixixi…..

    huahahahahahhhhhhaaaa…………..tapi ngangeni to???? coba nek nggak komen, mesti kelangan….trus nangis guling2 meohon2 ben dikomen……..

  19. ekawidiyati said: kadang rasa itu masih manusiawai mba….tapi jangan menjadikan terus uring2an trus marah2 gak jelas….enakan jadi diri sendiri…….

    iya jeng… temenku itu juga nyadar kok… makanya dia masih bisa ketawa-ketiwi waktu cerita….

  20. arumbarmadisatrio said: huahahahahahhhhhhaaaa…………..tapi ngangeni to???? coba nek nggak komen, mesti kelangan….trus nangis guling2 meohon2 ben dikomen……..

    whealaaaah…. nek aku nangis bantal guling njuk sing iso ngeneng-eneng ki sopoooooo…..

  21. pingkanrizkiarto said: ada baiknya juga kita punya rasa ‘iri’, kalau kita bisa mengubahnya menjadi energi positif yang bisa memacu kita untuk mencapai yang terbaik…. ( waduh bahasanya….. hihihihi… )

    betul,betul itu…

  22. pingkanrizkiarto said: Tidak ada hukum yang melarang orang untuk meng-up load foto2 perjalanannya keluar negeri, foto rumah miliknya yang gedong magrong-magrong, mobil-(mobilnya) yang kinclong, ataupun status atau postingannya tentang hidup dan kariernya yang cemerlang….Lha ya biarin aja to… wong ya memang begitulah kehidupannya. Tinggallah kita ( kita ? guwe aja kaleeeee….. ) yang cuma bisa men-nyawang ini, untuk pandai-pandai menjaga hati agar tidak terjatuh dalam jurang iri dan dengki alias meri bin srei…. Nggak usahlah mbanding2-in kalau ujung-ujungnya hanya akan membuat kita merasa nelangsa, karena merasa bahwa hidup kita tidaklah sehebat hidup teman kita yang terpampang di jejaring sosial.

    setuju Ping, kalau kita sudah tahu dimana harus berpijak dan konsisten dengan itu, insyaAllah akan terjauhkan dari penyakit hati. Kalau sudah gak tahan lagi, yah mending kita aja yang bertapa sejenak untuk mendamaikan hati yang mulai tidak bisa diajak kompromi lagi.

  23. dewayanie said: wah temannya masih merasa kurang beruntung aja…dah di rumah buka praktek sendiri pula….. kurang gimana lagi… itulah manusia.. halah… hehehheh…:)

    halo mbakyuuuuuuuuuu….. kemane ajeeeeeeeeeee……:))

  24. hanyvong said: setuju Ping, kalau kita sudah tahu dimana harus berpijak dan konsisten dengan itu, insyaAllah akan terjauhkan dari penyakit hati. Kalau sudah gak tahan lagi, yah mending kita aja yang bertapa sejenak untuk mendamaikan hati yang mulai tidak bisa diajak kompromi lagi.

    kadang-kadang memang hati suka nggak mau diajak kompromi Han… namanya juga manusia, banyak maunya, banyak penginnya…. ( alesanku aja nih….. hahahaha )

  25. dewayanie said: wah laris manis commentanya… sampai seratus…dan sampai dibikin status sama mas Syamsul…..?apa resepnya niih…. ahahahhahhah… ngiri.com…. gubrakssss…..:)

    haiyaaaaah…… ini kan antara lain karena sumbangan dari diajeng Arum sama MamaDepin yang hobi banget merusuh di lapakku…. wkwkwkwkwk….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s