beda dooong…..

Setiap orang punya hak untuk berpendapat, itu adalah salah satu hak pribadi yang harus dihormati. Lha iya to, mosok punya pendapat aja ndak boleh…. hare gene gitu lho, bisa dibilang melanggar HAM lho kalau melarang orang berpendapat. Bebas kok, mau punya pendapat bahwa itu barang norak ini barang bagus, itu orang ganteng ini orang jelek, ini pingkan cantik itu pingkan keren…. silahkaaan….*beneran digeplak dah!*

Bebas pula untuk menyakini sesuatu, menyimpan ide, serta segala macam pemikiran yang muncul dan menyesaki kepala masing-masing. Tapi pleaseeee….. please begitu menyuarakan apa yang ada di kepala kita, ingatlah bahwa ada orang lain yang mungkin punya pendapatan, ide dan pemikiran yang lain.

Orang lain juga punya kebebasan, kebebasan yang mau tidak mau, suka tidak suka akan membatasi kebebasan kita. Jadi kita harus paham dengan yang namanya kompromi bukan ? Tapi itu bukan berarti you harus ikut saya atau saya harus ikut you atau bahkan gabungin aja saya + you, jadinya sayou dong….? ( halaaaaah, digeplak lagi deh ). Bukan yang seperti itu, kompromi bukanlah masalah mencampur adukkan, tapi ini masalah menghormati kebebasan orang lain…. masalah kebebasan yang bertanggung jawab.

Dan kalau pendapat kita tidak sama dengan orang lain, tidak perlu kecil hati kok…. kalau memang sudah merasa haqul yakin ya pertahankan saja dengan segenap jiwa raga. Tapi kalau pada suatu saat argumen orang lain ternyata lebih masuk akal daripada apa yang kita pegang, ya ndak ada salahnya untuk berlapang dada dan menerima masukan dari orang lain.

Kalaupun pada ujungnya adalah sepakat untuk tidak sepakat ya ndak masalah juga kan ?! Belajar menerima perbedaan dengan lapang dada akan memperkaya batin kita…… yuk mariiiiiiiiiii……..

75 thoughts on “beda dooong…..

  1. pingkanrizkiarto said: Dan kalau pendapat kita tidak sama dengan orang lain, tidak perlu kecil hati kok…. kalau memang sudah merasa haqul yakin ya pertahankan saja dengan segenap jiwa raga. Tapi kalau pada suatu saat argumen orang lain ternyata lebih masuk akal daripada apa yang kita pegang, ya ndak ada salahnya untuk berlapang dada dan menerima masukan dari orang lain.

    Berhubung diriku masih darah muda jadi suka masih meledak-ledak gitu Mbak… *ngeles*

  2. salimdarmadi said: Marii… Bagus tuh istilahnya, sepakat untuk tidak sepakat..Eniwei busway, ada ya Bun yang tidak tersepakati antara kita? qqqq…

    lah… itu mah istilah jadul Lim….jadi sepakatnya gimana dong ? ada ndak yang tidak tersepakati…. *wis mbulet ae lah*

  3. pingkanrizkiarto said: Belajar menerima perbedaan dengan lapang dada akan memperkaya batin kita…… yuk mariiiiiiiiiii….

    orang bilang teori fisika dll sangat sulit, tapi sebenarnya hal-hal kecil seperti ini yang sering lepas dari perhatian kita, sebenarnya malah lebih susah sekali.

  4. hanyvong said: hal-hal kecil seperti ini yang sering lepas dari perhatian kita, sebenarnya malah lebih susah sekali.

    sesuatu yang menyangkut perasaan, gengsi, walaupun kadang terasa kecil tapi bisa jadi sangat sulit sekali Han πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s