di bis kota

Aku lagi pengen mengenang…. luka lama ? bukaaaaaaan ? pacar lama ? halah bukaaaaan…. Memang berhubungan dengan kata lama sih, namanya juga mengenang. Kalo urusan yang baru akan alias ntar sore, besok, kelak… itu mah namanya mengkhayal.

Jadi, apa yang mau dikenang ? Bis kota sodara-sodara ! Nggak penting banget ya ? hehehehe… tapi biarin to, musim hujan kan musim mellow kalau kata Marya, so aku jadi mellow dengan kenanganku bersama bis kota. Saat ini sih Alhmadulillah mas Adi sudah nyediain roda empat untuk mobilitasku sehari-hari, walopun baru mobil kelas mikrolet tapi Alhamdulillah sudah sangat mendukung pergerakan ibu-ibu sok sibuk dengan anak empat ini…. hehehe…

Tapi dulu aku sangat bergantung pada angkutan yang namanya bis kota ini. Sampai hapal semua nomer dan rute bis yang berangkat dari terminal bekasi, mana yang lewat dari pintu tol bekasi barat, mana yang lewat pintu tol bekasi timur, jam-jam penuh penumpang, jam-jam kosong penumpang…. wis pokok’e ilmunya dah nggak kalah ama timer bis kota deh !

Pengalaman pun banyaaaak. Dari pengalaman naik bis Mayasari cuma isi tiga penumpang, sampai naik bis dalam kondisi penuuuuuuuuh berdiri jejel uyel-uyel, bahkan sangking penuhnya mo naruh kaki aja susahnya minta ampun ! Tapi Alhamdulillah aku bisa menikmati semua pengalaman itu. Ya pada waktu itu sih sempet ngedumel, ngeluh, nggersulo…. ya namanya juga menungso… manusiaaaaa……

Tapi pada saat ini, kadang terpikir bahwa aku menyimpan sedikit rasa kehilangan… iya, kehilangan… Karena bis kota menawarkan pengalaman berbeda dibandingkan duduk nyetir sendirian sambil cengar-cengir ndengerin sepasang penyiar geblek di radio ( Rafiq-Poetri di Pagi-pagi I radio tuuuh ). Di bis kota aku bisa menemui berbagai macam karakter dan sifat manusia, yang baik, yang cuek, yang mo menang sendiri, yang ramah, yang galak…. orang-orang yang sebenarnya tidak aku kenal sama sekali, tapi bersinggungan nasib denganku sebagai sesama penumpang bis kota, yang nyampai atau tidak ke tujuan . tergantung sama pak sopir.

Bis kota juga mengajarkan banyak padaku.
Suatu siang di bis kota Mayasari Bhakti P 9A jurusan Senen-Bekasi, aku duduk di deretan bangku belakang dekat pintu keluar. Dari pintu depan masuk pengamen cilik dengan kecrek-kecrek dan kantong bekas permen. Cempreng nyanyi lagu nggak jelas, dicuekin banyak orang, tergoncang kesana dan kesini… tapi tetep cuek, tetep nyanyi…. Kusiapkan uang sekedarnya untuk bocah itu, aku genggam sampai nanti saat kantong bekas permen itu sampai di depanku.

Tapi kantong permen itu tidak mampir ke deretan bangku-ku, deretan bangku paling belakang. Bocah kecil lusuh itu langsung berbelok ke pintu keluar, merosot duduk di tangga pintu keluar bis, berpegangan pada tiang besi, lalu jatuh tertidur kelelahan….. Hatiku luruh… uang masih tergenggam ditangan, tak tega aku membangunkan bocah itu…. Yang ingin kulakukan saat itu hanyalah segera pulang dan memeluk anak-anakku di rumah, anak-anakku yang saat itu sama usianya dengan pengamen kecil lusuh itu….

Pengamen cilik itu masih saja tertidur, mesk bis bergoncang-goncang di siang yang panas memanggang. Siapa yang akan memelukmu bocah kecil ?

Iklan

96 thoughts on “di bis kota

  1. pingkanrizkiarto said: Saat ini sih Alhmadulillah mas Adi sudah nyediain roda empat untuk mobilitasku sehari-hari, walopun baru mobil kelas mikrolet tapi Alhamdulillah sudah sangat mendukung pergerakan ibu-ibu sok sibuk dengan anak empat ini…. hehehe…

    betuuuuul……aku juga sudah menikmati kok disopirin mbak pingkan…….lagi yak……

  2. masalah bis kota…..aku paling takut naik bis kota. pokoknya kalo ke jaks, nggak pernah mikir mau naik bis kota. sampai akhirnya suatu saat, aku kursus di lakespra (deket c4 menara SAidah), nginepnya di Ambara sebrang Pasaraya Grande), temenku nginep ngajak naik bus kota…..walah gedubraks……untung aku udah siap pake sandal jepit dulu jadi pas lari2 mau naik dan turun….no problemo….begitu nyampe di lakespra, temenku (yang sangat tahu bagaimana aku), tanya…arum naik apa ke sini??? aku bilang…naik bis tante….lha kok dia ngakak sampai nggak brenti2. udah gitu pake acara teriak…..arum naik bus???? bisa???? huaaaaahhhhhhhhhhtapi naik bus kota asyik juga kok…..banyak pemandangan.jadi kalo ke jaks, aku mending kau setirin ya mbak yuuuuuuuuuuu *ngarep.com*

  3. pingkanrizkiarto said: bis dalam kondisi penuuuuuuuuh berdiri jejel uyel-uyel, bahkan sangking penuhnya mo naruh kaki aja susahnya minta ampun !

    disini juga ada tuh bis penuhnya sampe ra karu2an, isine mahasiswa thok…tapi cuma pas jam lunch aja n si bis emang ngelewatin kompleks apartemen2…:)

  4. pingkanrizkiarto said: Pengamen cilik itu masih saja tertidur, mesk bis bergoncang-goncang di siang yang panas memanggang. Siapa yang akan memelukmu bocah kecil ?ย 

    kasian ya…yg meluk : “kegananasan” ibu kota

  5. pingkanrizkiarto said: lha disini isine macem-macem jeng, anak sekolahan, orang kantoran, orang bakulan, orang nggak punya kerjaan….. wis pokok’e kumplit deh ๐Ÿ˜€

    ho-oh…pastine…ibukota je heheh

  6. pingkanrizkiarto said: lagian kalo Arum pasti ditarik ongkosnya pakai ongkos pelajar, xixixixi…..

    huahahaha……kok ngerti????? apalagi kalo aku seragaman hari senin kamis yang putih biru itu…..nggak usah pake lipstick dulu, nggendong tas ransel……hayyyyyyyyahhhhhh ngladenin mbak pingkan……masalahe yo ora lucu to mbak, numpak bis kota ning nganggo stiletto, manolo pisan…….

  7. arumbarmadisatrio said: numpak bis kota ning nganggo stiletto, manolo pisan…….

    yo ra po-po to…. sisan2 yen ono sing wani colak-colek, getok aja pake stiletto manolo-mu…. lumayan nancep kan ? *haiiiyy… sadis*

  8. pingkanrizkiarto said: yo ra po-po to…. sisan2 yen ono sing wani colak-colek, getok aja pake stiletto manolo-mu…. lumayan nancep kan ? *haiiiyy… sadis*

    eman nek tugel……mlayu2 ngoyak bis, trus cuklek……….*iki ngomongke sepatune sopo to?*

  9. aku paling seneng kalimat ini: (alhamdulillah saat ini mas Adi sudah menyediakan .. dst …. ) kubaca banyak cinta disini ….en btw, sebenernya hari ini aku mau posting juga ttg transportasi umum aka bis kota di sini … tapi keduluan dirimu .. hihiii … tapi ttp mau posting …

  10. pernah baca blog tentang transportasi dg bis yg berhenti setelah lampu merah tp pernah gak berhenti itu Mbak, blog duluuu…sambil cengar cengir, koment ngelantur ๐Ÿ˜€

  11. niwanda said: (meski tentu dengan kendaraan pribadi pun ada sebetulnya).

    ya ada kok Leil, banyak juga…. diantaranya belajar sabaaaaaaaar….. nyupir di Jakarta mau gak mau kudu belajar sabaaaaaaaaaaar…… ๐Ÿ˜€

  12. pingkanrizkiarto said: Sampai hapal semua nomer dan rute bis yang berangkat dari terminal bekasi, mana yang lewat dari pintu tol bekasi barat, mana yang lewat pintu tol bekasi timur, jam-jam penuh penumpang, jam-jam kosong penumpang…. wis pokok’e ilmunya dah nggak kalah ama timer bis kota deh !

    apal bener ping…. mantan po pernah nyambi dadi kondektur…?? he..he.. *mlayu sing adoh….*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s