Ngomong bahasa jawa ?

Baca postingan mas Walah kemarin, aku jadi ingat pada cita-cita muliaku dulu… cita-cita mulia untuk turut berperan serta dalam upaya melestarikan dan meng-uri-ri ( halah, basa indonesa-nya opo jal ? ) kebudayaan Jawa, as my root gitu lho… Pinginnya sih anak-anakku tuh bisa berbahasa Jowo yang baik dan benar, kromo yang alus-lus-lus gitu lho… wong mbok-nya ini putri Solo aseli tenan kok.... ( hihihihi, kecuali pas ketawa ngakak gaya buto terong-nya keluar ).

Menurut para ahlinya, sebenernya kalau masalah pembelajaran bahasa untuk anak-anak, bisa dipelajari sejak diawal usia, dengan cara pembiasaan, alias dipraktekkan sehari-hari…. Ning lha ya itu.… kendalanya adalah lingkungan tidak mendukung. Secara diriku ini tinggal di luar tlatah Jowo -di tanah mBetawi gitu lho, yang mengistilahkan pulang kampung tu pulang ke Jawa-, tetangga kiri-kanan juga judulnya indonesia raya, alias bermacam suku bangsa dan bahasa…….

Mulai dari rumah sendiri aja, oke ? Wah ndak oke je. Lha wong mas Adi sendiri walaupun ngakunya trah Jowo, tapi lahir dan besar di mBetawi. Kagak gablek boso jowo…. lha trus mosok tiap ngomong aku musti pake bilingual-mode-on, habis ngomong jowo, trus dilanjut terjemahannya in indonesia….caprek dreeeeeeeh….

Sebenernya belio gak gablek-gablek banget sih, masih tau nggih sama mboten, alias ya dan tidak. Dan satu lagi, kata rawuh, karena tiap kali Bapaknya pulang kantor, Ibunya selalu bilang Bapak sudah rawuh. Jadi menurut pemahaman mas Adi ini, rawuh adalah boso jowo-nya kata pulang. Bapak sudah rawuh = Bapak sudah pulang…. nggak terlalu ngawur kan ? wong secara de facto dan de jure Bapaknya sudah pulang dan ada dirumah.

Jadi ketika dateng untuk nglamar diriku ini, trus ditanyain ma Ibuku, “Mas Adi kapan rawuh-nya ?” ( Mas Adi, kapan datangnya ? )…. langsung makjegagig -shock gitu-, pucat pasi kehilangan kata-kata, karena merasa diri ditolak sebelum bertindak, dan diusir dengan pertanyaan “lu kapan pulang ?”… gyahahahahah…..

yang bener :
rawuh = datang

60 thoughts on “Ngomong bahasa jawa ?

  1. pingkanrizkiarto said: Baca postingan mas Walah kemarin, aku jadi ingat pada cita-cita muliaku dulu… cita-cita mulia untuk turut berperan serta dalam upaya melestarikan dan meng-uri-ri ( halah, basa indonesa-nya opo jal ? ) kebudayaan Jawa, as my grass root gitu lho… Pinginnya sih anak-anakku tuh bisa berbahasa Jowo yang baik dan benar, kromo yang alus-lus-lus gitu lho… wong mbok-nya ini putri Solo aseli tenan kok…. ( hihihihi, kecuali pas ketawa ngakak gaya buto terong-nya keluar ).Menurut para ahlinya, sebenernya kalau masalah pembelajaran bahasa untuk anak-anak, bisa dipelajari sejak diawal usia, dengan cara pembiasaan, alias dipraktekkan sehari-hari…. Ning lha ya itu…. kendalanya adalah lingkungan tidak mendukung. Secara diriku ini tinggal di luar tlatah Jowo -di tanah mBetawi gitu lho, yang mengistilahkan pulang kampung tu pulang ke Jawa-, tetangga kiri-kanan juga judulnya indonesia raya, alias bermacam suku bangsa dan bahasa……. Mulai dari rumah sendiri aja, oke ? Wah ndak oke je. Lha wong mas Adi sendiri walaupun ngakunya trah Jowo, tapi lahir dan besar di mBetawi. Kagak gablek boso jowo…. lha trus mosok tiap ngomong aku musti pake bilingual-mode-on, habis ngomong jowo, trus dilanjut terjemahannya in indonesia….caprek dreeeeeeeh…. Sebenernya belio gak gablek-gablek banget sih, masih tau nggih sama mboten, alias ya dan tidak. Dan satu lagi, kata rawuh, karena tiap kali Bapaknya pulang kantor, Ibunya selalu bilang Bapak sudah rawuh. Jadi menurut pemahaman mas Adi ini, rawuh adalah boso jowo-nya kata pulang. Bapak sudah rawuh = Bapak sudah pulang…. nggak terlalu ngawur kan ? wong secara de facto dan de jure Bapaknya sudah pulang dan ada dirumah.Jadi ketika dateng untuk nglamar diriku ini, trus ditanyain ma Ibuku, “Mas Adi rawuh-nya kapan ?” ( Mas Adi, datengnya kapan ? )…. langsung makjegagig -shock gitu-, pucat pasi kehilangan kata-kata, karena merasa diri ditolak sebelum bertindak, dan diusir dengan pertanyaan “lu kapan pulang ?”… gyahahahahah…..- rawuh = datang

    :DLajeng kados pundi Bun jawabanipun Pak Adi?

  2. hehe..suka salah kaprah mmg…nih contohnya temenku dr bali pas ikut kkn..tiap ketemu orang dia disapa..sugeng mas….ketemu org lagi sugeng mas..trus dia nylethuk..knpa org sini namanya sugeng semua ya..??eng ing eng..wakakakas…

  3. wah… masnya mbak sama kayak aku tuh…ga bisa bahasa jawa blasss… padahal aku ada keturunan jawa juga….mau belajar bahasa jawa sama misua yang asli orang magelang…sama dia bilangnya gini… jangan belajar bahasa jawa de… ntar ngga bisa milih kata sama orang tua… ntar malah ngomong sama bapak “bapak sudah glegak” (itu tuh mbakk… bahasa jawa kasar untuk makan yang dituang ke mulut semua itu… tuh kan… nginget-nginget ajah udah susahhh… apalagi ngomong… hihihi)

  4. elysiarizqy said: oalah pean taksih trah jowo to, sakpuniko mas Adi sampun rawuh?

    inggih leres mas…. senajan gadah jeneng Pingkan, nanging dalem taksih trah jawi…Mas Adi-nipun dereng rawuh, Senen kolo wingi nembe bidal dateng Tarakan malih…. kalih minggu malih nembe wangsul dateng mBekasi…

  5. hobbygue said: tadinya gk berani mau baca postingan ini, takut isinya dalam bahasa jawa.. gk ngerti😦

    hihihihi…. naluri jawir gue masih oke nih Bel…. btw, dirumah anak-anak diajarin ngomong Sunda gak nih ?

  6. pingkanrizkiarto said: Baca postingan mas Walah kemarin, aku jadi ingat pada cita-cita muliaku dulu… cita-cita mulia untuk turut berperan serta dalam upaya melestarikan dan meng-uri-ri ( halah, basa indonesa-nya opo jal ? ) kebudayaan Jawa, as my grass root gitu lho… Pinginnya sih anak-anakku tuh bisa berbahasa Jowo yang baik dan benar, kromo yang alus-lus-lus gitu lho… wong mbok-nya ini putri Solo aseli tenan kok…. ( hihihihi, kecuali pas ketawa ngakak gaya buto terong-nya keluar ).Menurut para ahlinya, sebenernya kalau masalah pembelajaran bahasa untuk anak-anak, bisa dipelajari sejak diawal usia, dengan cara pembiasaan, alias dipraktekkan sehari-hari…. Ning lha ya itu…. kendalanya adalah lingkungan tidak mendukung. Secara diriku ini tinggal di luar tlatah Jowo -di tanah mBetawi gitu lho, yang mengistilahkan pulang kampung tu pulang ke Jawa-, tetangga kiri-kanan juga judulnya indonesia raya, alias bermacam suku bangsa dan bahasa……. Mulai dari rumah sendiri aja, oke ? Wah ndak oke je. Lha wong mas Adi sendiri walaupun ngakunya trah Jowo, tapi lahir dan besar di mBetawi. Kagak gablek boso jowo…. lha trus mosok tiap ngomong aku musti pake bilingual-mode-on, habis ngomong jowo, trus dilanjut terjemahannya in indonesia….caprek dreeeeeeeh…. Sebenernya belio gak gablek-gablek banget sih, masih tau nggih sama mboten, alias ya dan tidak. Dan satu lagi, kata rawuh, karena tiap kali Bapaknya pulang kantor, Ibunya selalu bilang Bapak sudah rawuh. Jadi menurut pemahaman mas Adi ini, rawuh adalah boso jowo-nya kata pulang. Bapak sudah rawuh = Bapak sudah pulang…. nggak terlalu ngawur kan ? wong secara de facto dan de jure Bapaknya sudah pulang dan ada dirumah.Jadi ketika dateng untuk nglamar diriku ini, trus ditanyain ma Ibuku, “Mas Adi kapan rawuh-nya ?” ( Mas Adi, kapan datangnya ? )…. langsung makjegagig -shock gitu-, pucat pasi kehilangan kata-kata, karena merasa diri ditolak sebelum bertindak, dan diusir dengan pertanyaan “lu kapan pulang ?”… gyahahahahah…..yang bener :- rawuh = datang

    susah………..apalgi di jakarta. . masih adakah yg kromo inggil gitu…maybe kel.cendana kali yeeeee……………….. hueheheheh

  7. pingkanrizkiarto said: Baca postingan mas Walah kemarin, aku jadi ingat pada cita-cita muliaku dulu… cita-cita mulia untuk turut berperan serta dalam upaya melestarikan dan meng-uri-ri ( halah, basa indonesa-nya opo jal ? ) kebudayaan Jawa, as my grass root gitu lho… Pinginnya sih anak-anakku tuh bisa berbahasa Jowo yang baik dan benar, kromo yang alus-lus-lus gitu lho… wong mbok-nya ini putri Solo aseli tenan kok…. ( hihihihi, kecuali pas ketawa ngakak gaya buto terong-nya keluar ).Menurut para ahlinya, sebenernya kalau masalah pembelajaran bahasa untuk anak-anak, bisa dipelajari sejak diawal usia, dengan cara pembiasaan, alias dipraktekkan sehari-hari…. Ning lha ya itu…. kendalanya adalah lingkungan tidak mendukung. Secara diriku ini tinggal di luar tlatah Jowo -di tanah mBetawi gitu lho, yang mengistilahkan pulang kampung tu pulang ke Jawa-, tetangga kiri-kanan juga judulnya indonesia raya, alias bermacam suku bangsa dan bahasa……. Mulai dari rumah sendiri aja, oke ? Wah ndak oke je. Lha wong mas Adi sendiri walaupun ngakunya trah Jowo, tapi lahir dan besar di mBetawi. Kagak gablek boso jowo…. lha trus mosok tiap ngomong aku musti pake bilingual-mode-on, habis ngomong jowo, trus dilanjut terjemahannya in indonesia….caprek dreeeeeeeh…. Sebenernya belio gak gablek-gablek banget sih, masih tau nggih sama mboten, alias ya dan tidak. Dan satu lagi, kata rawuh, karena tiap kali Bapaknya pulang kantor, Ibunya selalu bilang Bapak sudah rawuh. Jadi menurut pemahaman mas Adi ini, rawuh adalah boso jowo-nya kata pulang. Bapak sudah rawuh = Bapak sudah pulang…. nggak terlalu ngawur kan ? wong secara de facto dan de jure Bapaknya sudah pulang dan ada dirumah.Jadi ketika dateng untuk nglamar diriku ini, trus ditanyain ma Ibuku, “Mas Adi kapan rawuh-nya ?” ( Mas Adi, kapan datangnya ? )…. langsung makjegagig -shock gitu-, pucat pasi kehilangan kata-kata, karena merasa diri ditolak sebelum bertindak, dan diusir dengan pertanyaan “lu kapan pulang ?”… gyahahahahah…..yang bener :- rawuh = datang

    wah ini termasuk gossip juga ya… tapi kan bagus tuuh…

  8. pingkanrizkiarto said: inggih leres mas…. senajan gadah jeneng Pingkan, nanging dalem taksih trah jawi…Mas Adi-nipun dereng rawuh, Senen kolo wingi nembe bidal dateng Tarakan malih…. kalih minggu malih nembe wangsul dateng mBekasi…

    weleh2, kulo kinten sampean puniko priyayi mBogor…tiwas sampean ditilar meneh to sakpuniko

  9. elysiarizqy said: weleh2, kulo kinten sampean puniko priyayi mBogor…tiwas sampean ditilar meneh to sakpuniko

    sanes mBogor mas… asli Solo nanging sampun pindahan dateng mBekasi…. ha nggih ngaten meniko mas, dalem puniko pelaku LDL alias Long Distance Love gitu lho….

  10. bahasa jawa??? hmm…40-50 lah mbak dibanding aku…alias ga jauh2 amat beda tingkat kemampuannya..hahahaaa*meskipunsejakoroksampeseginigedhenyamasihbetahtinggaldijawa*

  11. lare kulo ingkang nomer setunggal pinter boso Jowo, tapi dados bahan ledekan rencang-rencange, medhok tirosipun, sakniki mboten purun ngagem boso Jowo babar blas……

  12. iras80 said: lare kulo ingkang nomer setunggal pinter boso Jowo, tapi dados bahan ledekan rencang-rencange, medhok tirosipun, sakniki mboten purun ngagem boso Jowo babar blas……

    wah…. katiwasaaaaaannn….

  13. @mba’ PingkanMboten sisah pekewet, kula ingkang taksih manggen ing punjering tlatah Jawi kemawon taksih sok bingung umpami wonten ingkang ngendikan mawi krama inggil alusan kaliyan kula, punapa malih wonten ing pahargyan penganten….

  14. danakitri said: bahasa jawa??? hmm…40-50 lah mbak dibanding aku…alias ga jauh2 amat beda tingkat kemampuannya..hahahaaa

    xixixix… ayo dong, mari meng-uri-uri bahasa jawa….. biar skor 80-80 gitu lho…😀

  15. iras80 said: medhok tirosipun, sakniki mboten purun ngagem boso Jowo babar blas……

    lare kulo malah mboten saged mbedakaken unen-unen wedi ( wich is takut ) kaliyan wedi ( wich is pasir ), kebacut ilat mBetawi…. payah…😀

  16. walah said: Mboten sisah pekewet, kula ingkang taksih manggen ing punjering tlatah Jawi kemawon taksih sok bingung umpami wonten ingkang ngendikan mawi krama inggil alusan kaliyan kula, punapa malih wonten ing pahargyan penganten….

    hihihihi…. aku pernah nyoba baca buku bharatayudha yang bahasa jawa, walaupun bukan kromo inggil ning tetep ae, mumeeeeeeeeeeeeetttt !!!

  17. Kemaren anakku ada PR bahasa Jawa, perintahnya : kramakno boso Indonesia iki.. Berhubung Bapak Emaknya gak becus Boso Kromo, alhasil terimakasih jadi terimakatos.. kerja bakti jadi kerja baktos…whaahahahaha… !!!

  18. Podo, mbak, aku yo bercita2 anak2ku iro boso Jowoan. Tapi yo apa boleh buat? Lah, wong lidah anak2ku lebih bule dr org bule. Meski di sana-sini ada selipan kata-kata bhs Indonesia & Jawa. Dadine, anak2ku nduwe boso dewe, Ingsia-Jawa, alias Inggris-Indonesia Jawa. Bojoku yo ngono bos Jowone terlalu minim, meski keluargne sek nggawe kromoan dalam perbincangan. Soal berbahasa Jawa aku sama suami bedanya krn suami dr keluarga Jawa Tengah yg halus bahasanya, lah aku Malang. Dadine anak2ku yo campur2. Contohnya kalau tiap malam minta ditemani tidur, mereka akan bilang, “Ma, can you kelonin us, please?”

  19. pingkanrizkiarto said: “Mas Adi kapan rawuh-nya ?” ( Mas Adi, kapan datangnya ? )…. langsung makjegagig -shock gitu-, pucat pasi kehilangan kata-kata, karena merasa diri ditolak sebelum bertindak, dan diusir dengan pertanyaan “lu kapan pulang ?”

    hahahaha … ono wae critane Pingkan.

  20. pingkanrizkiarto said: btw, dirumah anak-anak diajarin ngomong Sunda gak nih ?

    siapa yg mau ngajarin, Ping? gw aja gk bener bahasa sundanya, mama memang sunda, tapi papa bengkulu, jadi di rumah dulu gk ngomong sunda, terus suami gw palembang.. makin2 aja kan? ;Panak2 gw bicara gaya papua lah.. wkakkakak

  21. orianecakes said: Kemaren anakku ada PR bahasa Jawa, perintahnya : kramakno boso Indonesia iki.. Berhubung Bapak Emaknya gak becus Boso Kromo, alhasil terimakasih jadi terimakatos.. kerja bakti jadi kerja baktos…whaahahahaha… !!!

    waduh… jangan2 pohon jati jadi…. pohon jotos….. wekekekekekek

  22. orianecakes said: Berhubung Bapak Emaknya gak becus Boso Kromo, alhasil terimakasih jadi terimakatos.. kerja bakti jadi kerja baktos…whaahahahaha… !!!

    wakakakakak…..top marakotopos dah !!!!

  23. hobbygue said: mama memang sunda, tapi papa bengkulu, jadi di rumah dulu gk ngomong sunda, terus suami gw palembang.. makin2 aja kan? ;Panak2 gw bicara gaya papua lah.. wkakkakak

    Indonesia raya aja deh judulnya…..😀

  24. Hihihi…Kalau aku dulu terbantu banget sama majalah-majalah berbahasa Jawa langganan (alm) mbah kakung dan mbah putri. Jadi walaupun masih kagok berhubung di rumah selalu pakai bahasa Indonesia, waktu masuk TK adaptasinya sama temen-temen nggak terlalu susah lah😀. Berkat itu juga, kosa kata ikutan nambah walaupun kalau untuk bahasa lisan juga masih suka kagok.

  25. . *soloberserikotatercinta* wah mbak….dalem pun dangu mboten nyarios ngangge boso jawi, nuwun sewu mbak dalem nderek mampir….radi telat nggih…? salam kenal mbak…dalem nggih saking Solo…nanging radi minggir….

  26. *ampooooooooonadayangngajakbosokromolagiiiiiiiiii*salam kenal ugi diajeng…. matur nuwun sanget rawuhipun….remen manah kulo menawi saged nambah kanca malih, sanajan namung wonten ing dunia maya ( halah dunia maya, opo maneh boso jowone kuwiiii…. xixixixi… )

  27. pingkanrizkiarto said: nama majalahnya apa tuh Leil ? Penyebar Semangat bukan ya ? mbah Kakung-ku (alm) juga langganan tuh…. aku sukanya baca yang misteri-nya, alam lelembut gitu kalo gak salah….xixixixi….

    Panjebar Semangat iya, sama Jaya Baya. Wah, kalau aku malah sampai bela-belain baca majalah PS dari belakang Mbak demi menghindari buka halaman alaming lelembut😀.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s