kriminal kecil….

Barusan aku baca postingan Ira tentang Perjalanan Kriminal Cilik. Duh, ternyata gak cuma ada dukun cilik nih….. kriminal cilik juga mulai bermunculan. Tapi kalau baca tulisa Ira itu, yang muncul di kepalaku adalah kasiyan banget ya anak-anak jaman sekarang ini… bukan apa-apa gempuran konsumerisme kayaknya kian hari kian kenceng aja.

Lho opo hubungane ? lha iya lah….lihat aja di tipi-tipi, sinetron jaman sekarang kok kayaknya gampang banget mengumbar hidup yang serba ada dan serba gampang. Gaya hidup yang kudu ada hape, kudu ada mobil, ato paling apes ya motor…

Pokok’e standar hidup bahagia versi sinetron tu kudu kaya. Gak dijelasin kaya dengan cara apa, adegan standarnya sih dengan duduk di ruang direktur, trus sekretaris cantik masuk bawa map minta tanda tangan… hihihih, dah, kaya raya deh do’i.

Belum lagi gempuran iklan disana-sini. Nggak cuma di tipi, tapi tengok sana iklan, tengok sini iklan, kanan iklan, kiri iklan…. wis pokok’e dimana-mana iklaaaaaaaan aja nemunya. Dan sesuai dengan yang seharusnya, misi utama iklan tu ya ngiming-imingi….. Kalo nggak punya ini berarti kamu gak keren, kalo gak punya itu berarti kamu kuno, gak gaul….

Anak-anak, apalagi remaja dan pra-remaja, yang lagi dalam usia kepengen diakui, cenderung nggak akan mau ketinggalan dengan trend, nggak mau dianggep gak keren apalagi kuno dan gak gaul. Kalau ortunya banyak duit sih, minta ina-ini-itu di nyooooooh aja ya mungkin tidak akan terlalu bermasalah ( masalahnya di ortu-nya deh kayaknya… heheheh )

Tapi untuk anak-anak seperti si kriminal kecil kita ini… yang ibu-bapaknya untuk hidup sehari-hati saja sudah seret…. Bisa saja kita ngomong buapak-ibune gak ngajarin siiiih… hehehe, bisa jadi, tapi gimana kalau para bapak dan ibu itu sudah kehabisan waktu cuapek banting tulang seharian tapi masih kalah balapan ma harga dan biaya hidup sehari-hari ? Belum lagi latar belakang pendidikan mereka yang sedikit banyak juga mempengaruhi cara mereka mendidik anak….

Aku nggak ada niat membenarkan tindakan kriminal itu, bagaimanapun juga nyolong itu salah. Aku hanya lagi mumet dengan bujukan iklan disana-iklan disini….. hare gene nggak punya hape ? jawab aja nak : EMANG KENAPA KALO NGGAK PUNYA HAPE ?

18 thoughts on “kriminal kecil….

  1. itu salah satu pengaruh yang kurang baik dari hadirnya IT dan globalisasi, tinggal bagaimana ortu, atau kita2 ini menyikapi dan tentunya memberi contoh yang baik, bukan hanya sekedar menyenangkan anak, semogamakasih dah diingatkan

  2. elysiarizqy said: tinggal bagaimana ortu, atau kita2 ini menyikapi dan tentunya memberi contoh yang baik, bukan hanya sekedar menyenangkan anak, semoga

    kita mulai dari diri sendiri dan keluarga kita dulu ya mas ?! sip deh, setujuuuu… matur nuwun….

  3. pingkanrizkiarto said: Belum lagi gempuran iklan disana-sini. Nggak cuma di tipi, tapi tengok sana iklan, tengok sini iklan, kanan iklan, kiri iklan…. wis pokok’e dimana-mana iklaaaaaaaan aja nemunya. Dan sesuai dengan yang seharusnya, misi utama iklan tu ya ngiming-imingi….. Kalo nggak punya ini berarti kamu gak keren, kalo gak punya itu berarti kamu kuno, gak gaul….

    tadi ngomong-ngomong sama seseorang, terus ditanyain acara untuk wiken, suami bilang mau makan diluar karena habis nonton tayangan soal makanan daging panggang, si orang ketawa kecut katanya pulang kerja dia menghindar nonton tv (prime time) pasti banyak iklannya, bikin tergiur saja katanya 🙂

  4. hanyvong said: menghindar nonton tv (prime time) pasti banyak iklannya, bikin tergiur saja katanya 🙂

    xixixixi….. emang yang namanya iklan tu makiiiiiiin canggih aja ya ? bener-bener bisa bikin orang ngiler…. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s