Kejujuran ala Simon Cowell

Apa arti kejujuran bagi seorang Simon Cowell ? Tak kurang banyak orang yang beranggapan bahwa kejujuran ala Simon Cowell sangat perlu di dunia yang memang sudah kebanjiran barang-barang palsu ini ( mulai dari gigi palsu, janji palsu, ijazah palsu sampai cinta palsu… ) Tapi jujur saja, dimataku kelakuan mas Simon Cowell ini bukan lagi murni sebuah representasi sebuah kejujuran. Tapi lebih kepada situasi saling menguntungkan antara pemilik American Idol dan Simon Cowell. Bak sebuah sinetron, American Idol memerlukan seorang tokoh sadis yang akan memberikan bumbu pedas, menarik perhatian, memancing emosi penonton, dan emosi akan membawa perasaan terlibat hingga pada akhirnya akan meciptakan keterikatan. Dalam sebuah pertunjukan komersial, adakah yang bisa melampuai indahnya limpahan penonton setia ?

Menurutku komposisi juri AI memang sudah sangat ‘ideal’. Yang kulihat, secara sederhana pembagian perannya adalah Paula Abdul yang baik hati, Randy Jackson yang tegas dan Simon Cowell sang jagal. Mungkin plot-nya untuk kontestan yang dinilai buruk, komentar Paula Abdul adalah ‘kamu tidak bagus’, Randy Jackson bilang ‘kamu buruk’, tapi Simon Cowell akan berteriak ‘kamu mengerikan !!’… dan Simon Cowell memang dibayar untuk itu. Tanpa Simon Cowell, mungkin AI dianggap bagai sayur kurang garam.

Lalu ketika seorang Paula Goodspeed tewas karena over dosis setelah Simon Cowell terbahak-bahak mentertawakannya di audisi AI, apakah kejujuran ala Simon Cowell ini masih pantas untuk terus dipertunjukkan ? Ditertawakan orang sepasar saja sudah bisa bikin orang merasa teramat sangat malu…apalagi ini dihantam ‘kejujuran’ Simon Cowell, dalam pertunjukan sekelas AI yang ditonton jutaaan orang sak Amerika Serikat…. hiyyyy !!!

Reputasi Simon Cowell yang sukses menemukan dan mengorbitkan penyanyi-penyanyi top akan membuat banyak orang tidak keberatan untuk meng-amin-i setiap penilaiannya, bahkan jika penilaian itu disampaikan dengan cara yang paling sadis sekalipun. Lho.. kan Simon Cowell yang ngomong….. Bisa jadi hal itu juga yang terus membayangi Paula Goodspeed, bahwa Simon Cowell sudah mentertawakan dia, jadi seluruh dunia pasti juga sepakat untuk mentertawakan dia, hingga dia ditemukan mati over dosis di depan kediaman Paula Abdul, syereeem…

Sekali lagi, reputasi Simon Cowell memang memberinya wewenang ilmiah ( minjem istilahnya laskar pelangi nih ) dan hak bagi Simon Cowell untuk menilai peluang dan kemampuan seorang calon penyanyi, apakah dia akan sukses ato nyungsep-sep. Tapi tidak ada seorangpun di dunia ini yang mempunyai wewenang dan hak untuk menghina dan melakukan pembunuhan karakter dimuka khalayak ( wew, istilahnyaaaa… ). Atas nama kejujuran ? rasanya yang terendus kok lebih ke tujuan menaikkan rating setinggi-tingginya ya ?

30 thoughts on “Kejujuran ala Simon Cowell

  1. kayaknya tiap acara idol2an sekarang komposisi jurinya kayak begitu… eniwei, I still think Simon Cowell is just too honest…btw, paula goodspeed itu yang terobsesi sama paula abdul itu ya?

  2. dydy said: eniwei, I still think Simon Cowell is just too honest…btw, paula goodspeed itu yang terobsesi sama paula abdul itu ya?

    jujur tidak identik dengan kasar, kejujuran tidak sama dengan penghinaan… sesuatu yang berlebihan memang nggak baik ya ?setahuku si Paula Goodspeed ini memang nge-fans berat ma Paula Abdul

  3. mungkin sikap Simon itu ( halah..sok akrab deh )di perlihatkan karena entertaiment life is tough…ga cuma kerlap kerlip nya doang..tapi emang butuh kerja keras dan butuh mental baja..( hahhah..sok tau bener yak)..tapi aku setuju kalo to b honest itu ga harus kasar, tapi buat sebagian orang terkadang di tegur secara halus gak mudeng, jadi harus di tampol baru ngeh..

  4. bahasa klisenya “kejujuran sering menyakitkan” kali ya?tapi dalam konteks idol-idolan sih no comment deh. semua tayangan televisi sudah tidak bisa dipercaya lagi jaman sekarang ini, kebanyakan rekayasa. kadang dalam hidup juga kejadian begini sering kita temui. kayak lagu tahun 80 an or 90an? dunia ini adalah panggung sandiwara.skrg kalo udah nyangkut nyawa melayang, mau salahin siapa? si goodspeed yang ga siap ama dunia artis yang kejam, atau kejujuran si simon cowel yang telak2 menghina orang?hmm… hidup udah susah, tambah pusing mikirin ini, hueheuhehehee….

  5. Kl menurutku sih Simon gak bisa disalahin juga. Semua yang ikut audisi kan harusnya udah siap mental. Kalo ngarepin dipuji sih nyanyi aja di depan orang tua masing-masing yang mencintai anaknya selalu🙂 Jangan-jangan Goodspeed memang sudah mengidap gangguan mental (bukan nggak waras, tapi mentalnya nggak sehat). Jadi begitu diserang langsung ambruk?

  6. bruziati said: Semua yang ikut audisi kan harusnya udah siap mental

    kalau menurut aku sih tetap harus ada batas untuk sebuah kritikan, tidak perlu sampai harus membuat orang lain jatuh dan berdarah-darah… hehehe… apalagi kalau ujung-ujungnya yang dikejar sebenernya adalah rating. Kalau memang jelek, cukup bilang aja kamu jelek, nggak pantes ikut AI, dah, gitu aja kok repot… tapi kan jadi nggak seru ya ?Mungkin ada baiknya bebas gangguan mental dijadiin syarat untuk ikut audisi AI yak ?😀

  7. setiap org yg jadi idol harus bener2 siap mentalkl ejekan simon sdh bikin dia down, berarti ga siap jd idol tuhkalau nanti bener2 jd idol/superstar, kehidupan bakal lbh kejam.sebentar dipuja2sebentar ditinggalkan kalau ada superstar lain munculbelom lagi gosip2 yg aneh2 yg pasti sangat menggangu kehidupan sehari2.banyak banget beban mental yg harus dibawa sbg superstarjadi sebenernya ejekan simon adalah sebuah kerikil kecil di awal perjalanan jd artis.kalau ga kuat ya..kayak si paula goodspeed, kl ga bunuh diri saat itu, suatu saat bakal bunuh diri juga kalau dia jd artis gede.bukankah sdh banyak para artis bunuh diri krn ga kuat menahan beban mental?

  8. pingkanrizkiarto said: Lalu ketika seorang Paula Goodspeed tewas karena over dosis setelah Simon Cowell terbahak-bahak mentertawakannya di audisi AI, apakah kejujuran ala Simon Cowell ini masih pantas untuk terus dipertunjukkan ?

    tidak rajin nonton AI dan tidak pernah lagi update beritanya, setelah kejadian ini apa yang dikatakan Simon?

  9. pingkanrizkiarto said: rasanya yang terendus kok lebih ke tujuan menaikkan rating setinggi-tingginya ya ?

    ini nih tujuan sebenernya kali ya..seperti yg kasus si malakar itu..:))Happy new year ya bu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s