Bukubukuku

Setelah kemaren baca blognya Uci dan pergi ke pameran buku (lagi). Aku jadi mikir sebenernya buku yang aku suka tu apa yaaaaa ? hhhmmmm kilas balik deh. Jaman dahoeloe kala, waktu aku masih kelas 2 SD, novel yang pertama kubaca adalah Bambi karangannya Felix Salten, terjemahan tentu saja dwooong. Abis itu aku kecanduan kisahnya Winnetou, dah gitu bukunya bisa minjem gratisan di perpustakaan SMAN 1 Solo ( hihihi, seneng to, punya ibuk yang jadi guru…. ). Cuma yang bikin aku rada bete, gak ada orang Jerman yang jadi penjahat di kisahnya Old Shatterhand itu… wheeew…. kecap nomer satu deh…..

Dilanjut juga dengan Sapta Siaga, Lima Sekawan, Pasukan Mau Tahu, Hardy Boys, Trio Detektif, Agatha Christie… diselingi juga dengan novel Kabut Sutra Ungu, buku-bukunya Mira W, Barbara Cartland, xixixixi … tua sebelum waktunya ? hehehe, soalnya klas lima SD itu ada sepupuku yang sudah di SMA tinggal di rumahku, jadi nebeng deeeeh…. ( nyolong-nyolong tepatnya …)

Masuk SMP baru kenal dan tergila-gila ma Tintin ! Kok baru kenal komik ? yak, masalahnya Bapak-ibukku termasuk generasi yang alergi ama komik…. dilarang keras ! jadi sudah gede baru kenal Tintin, Lucky Luck, Asterix Obelix, Tanguy n Laverdure, Smurf, Isnogoud n Sultan Harun Al-Syoussyah….. baru melek komik gituuu….

Di SMA aku kesengsem sama Bumi yang Subur-nya Pearl S. Buck. Bela-belain tiap istrahat nongkrong di perpus sekolahan, karena tu buku termasuk buku yang gak boleh dipinjem bawa pulang. Oh ya, buku pinjem perpus lain yang aku suka banget tu Doctor Dolittle-nya Hugh Lofting, minjem di perpus-nya kantor Bokap.

Di kuliahan aku kayaknya kurang baca buku yak ? hhmmm dieling-eling dulu deh…. baca sih masih, tapi banyakan bukan novel cerita/fiksi, lagaknya sih baru dalam tahap tergugah imannya getooo…. ( seblomnya masih molor, nyenyaaaak banget… ). Jadi yang dibaca ya buku-buku ‘pencerahan’, biar bisa hijrah ke jalan yang benar…..

Lepas dari kuliah n trus langsung nikah dan punya anak… Jadi kalo ke toko buku yg diambil tu buku anak-anak mulu. Tutup mata dulu ama yang lain-lain… Udah gitu aku termasuk orang yang gampang tergoda buku bagus, dalam artian bukan cuma isinya aja, tapi kalo gambar-gambar-nya bagus, aku juga jadi sukaaaaaaaaaa !! Padahal yang namanya buku anak-anak kan gambarnya wuiiiiiiih. lutu-lutu !! Jadi deh, keterusan gak bli-bli buku lagi selain buku anak-anak ! hehehe…. jadi jangan tanya aku pengarang-pengarang jaman sekarang, yang model-model chicklit gitu, kagak mudeng ! belom-belom udah merasa tuwir aja kalo liat bukunya….

Jadi, sebenernya jenis buku apa yang kusuka ? liat di Goodreads-ku deeeeh…. xixixixi, ngomong dari tadi yak ? ( maap juga, dah lama tidak ku up-date GR-ku. dan harap diketahui, buku-buku yang kubaca adalah terjemahannya, poor english banget gitu… )

40 thoughts on “Bukubukuku

  1. pingkanrizkiarto said: diselingi juga dengan novel Kabut Sutra Ungu, buku-bukunya Mira W,

    Jadi ingat waktu mau coba-coba baca novel-novel ini kata temanku,” Jangan deh nanti aku dimarah bapakmu.” Masih dianggap anak kecil🙂

  2. pingkanrizkiarto said: Bapak-ibukku termasuk generasi yang alergi ama komik…. dilarang keras ! jadi sudah gede baru kenal Tintin, Lucky Luck, Asterix Obelix, Tanguy n Laverdure, Smurf,

    eh kok sama sih??Bapak Ibuku dulu alergi kalo lihat aku pegang komik di hari sekolah.. wah gawat.. bisa dibakar tuh komik pinjaman..

  3. paloepiningrum said: Bapak Ibuku dulu alergi kalo lihat aku pegang komik di hari sekolah.. wah gawat.. bisa dibakar tuh komik pinjaman..

    tapi kayaknya sekarang rada nular ke aku nih sebagai orang tua, baca komik kubatasin, kalo selain komik terserah… heheheh…

  4. dulu semasa masih piyik ( baca : sd kelas 4, belum mens to ) sudah hobby baca majalah anita cemerlang…. nyolong2 baca tentunya. Dan sudah pasti klo ketemons ama Ibu atau mbakku , langsung dimarahi.

  5. hanyvong said: Jadi ingat waktu mau coba-coba baca novel-novel ini kata temanku,” Jangan deh nanti aku dimarah bapakmu.” Masih dianggap anak kecil🙂

    ini dulu novel2x mamiku niih.. xexxexexx….. jadi suka ikutan nimbrung. teteup curi2x juga bacanya…….🙂

  6. Bacaan kita sama persis, mbak, pas masih kecil. Aku dulu juga suka buku novel seri Noni yg pengarangnya org Indonesia. Kalau komik sih jalan terus dari SD sampai kuliah. Pas kuliah nggak ada waktu buat baca novel, buku2 hukumnya sak bajeg, hehe. Skrg, aku punya koleksi buku2 masa kanak2ku juga komiknya dlm bhs Inggris. Rasanya senang gitu bisa kembali ke masa2 bedanganan menyelesaiakan 1 buku Lima Sekawan dibanding skrg begadangan ngblog, hehe.

  7. pingkanrizkiarto said: Masuk SMP baru kenal dan tergila-gila ma Tintin !

    sampai sekarang aku masih tergila gila Ping… Koleksi bukunya, VCD dan sekarang anakku tak tulari, kita lagi mulai ngoleksi yang bahasa inggris, cuma sayang pulang jakarta kemarin ada terbit Tintin yang bukan terbitan Indira, aneh…. kok nama anjingnya jadi Milo ??? gak suka aku….!!!

  8. artsofcards said: Skrg, aku punya koleksi buku2 masa kanak2ku juga komiknya dlm bhs Inggris

    makin tua kayaknya aku kok juga makin seneng ngumpulin barang-barang dari ‘masa lalu’ ya ? kayak buku-buku ma tanaman… hehehe, proses penuaan….Lima sekawan, tiada hari tanpa sandwich… hehehe. Tapi anak2ku sekarang kayaknya kok gak gitu tertarik ma Lima Sekawan ya ? padahal ibunya dulu nge-fans berat, jamannya dah lain kali ya ? sekarang waktunya Harry Potter ma Eragon….

  9. ninoe06 said: sampai sekarang aku masih tergila gila Ping…

    waaaa saaamaaaaa !! harta karunku adalah koleksi Tintin yang aku beli dari mulai harga 5.000 perak, mpe yang terakhir 36.000, itu juga karena edisi lamanya yang 36 rebu itu udah remuk ma anakku. Hehehe, resiko nularin anak-anak…. Yang bahasa inggris aku juga dah mulai koleksi.Blom tengok2 yang terbitan baru, abis kecil-kecil, jadi aneh ngeliatnya…. Milo ? lah kok kayak minuman-nya anakku… hihihihi

  10. ninoe06 said: Koo Ping Hoo gak nyandu ?

    dulu baru mo nyoba dah ditakut-takutin ma kakakku ‘ntar nyandu lho, gak bisa berhenti !’ jadi gak sempet nyoba baca. Setelah tua gini sempet mo nyoba juga, giliran suamiku yang nakut-nakutin dengan kalimat yang sama : ntar kecanduan… halah, maksudnya kan biar gak baca mulu, ngurus anak sono gih ! hehehe….

  11. pingkanrizkiarto said: Pasukan Mau Tahu,

    Mr. Goon yang malang…… Wah bacaan kita waktu kecil ternyata SAMA!! selaen kisah itu aku suka kisah asrama St claire & Malory towers trs si badung. enid blyton emang TOP banget!!! dan jangan lupa pippi berkaos kaki panjang. btw , aku juga suka baca cerita silat lokal, wiro sableng & rekan rekan. oya tentu saja ko ping ho juga…

  12. artsofcards said: Bacaan kita sama persis, mbak, pas masih kecil. Aku dulu juga suka buku novel seri Noni yg pengarangnya org Indonesia. Kalau komik sih jalan terus dari SD sampai kuliah. Pas kuliah nggak ada waktu buat baca novel, buku2 hukumnya sak bajeg, hehe. Skrg, aku punya koleksi buku2 masa kanak2ku juga komiknya dlm bhs Inggris. Rasanya senang gitu bisa kembali ke masa2 bedanganan menyelesaiakan 1 buku Lima Sekawan dibanding skrg begadangan ngblog, hehe.

    noni itu backgroundnya di semarang ya? yg paling setia sama godek (yg jago nyamar) . yg rambutnya kek lady dy, suka pake kaos tank perang and doyan wingko. hihi… lucu banget! aku juga suka sama yg ini

  13. jadi inget, waktu SD aku juga udah baca Mira W tuh mbak, sampe ibuku dipanggil ke sekolah sama guru, katanya bacaanku terlalu dewasa! trus nyokap dengan santainya ngomong, “Saya ngijinin kok Bu Guru, jadi nggak apa-apa” hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s