Boso Jowo

Pulang ke Solo bersama gerombolan Jawa murtad emang kadang bikin mangkel. Kemaren itu waktu lewat Purwosari-Solo, Farhan tiba-tiba nyeletuk, “Jualan kok nggak sopan, nyumpahin yang mo beli”. Eh, apa pula gerangan si Mas ini ? “Itu, ada rumah makan OJO GELO” catatan : Farhan membaca ojo gelo dengan huruf e seperti lafal E pada kata sEtan, padahal seharusnya lafal e-nya seperti e pada kata senam.

Wealah Mas…. itu Ojo Gelo, baca yang pas dong… artinya jangan nyesel. Kalo baca ojo gelo pakai huruf e-nya salah ya emang jadinya nyumpahin, karena artinya jadi : jangan gila ! ( in mBetawi gElo = gila ),Hih, dasar… dan terkikik-kikik-lah mereka dengan girangnya, melihat Ibunya otw naik darah gara-gara huruf E

Pernah juga si Bapak Adi nyeletuk, waktu itu lagi di jalan Raya Solo-Jogja, daerah sekitar candi Prambanan. “Orang Jawa hebat juga ya ?” Weh, nadanya kok nada ngajak perang bubat batinku.. “Memang kenapa ?” curigation nih suaraku. “Itu !” jawab si Bapak Adi sambil menunjuk banner yang banyak terpasang di sepanjang pinggir jalan. Tertulis dengan jelas disitu ” TOKO A DODOL SEPATU”…. “Sepatu kok dimakan…” kata beliau sok polos…gubrak deh ! Itu kamsudnya Toko A jualan sepatu Kangmasku tersayang…. bukannya sepatu dibikin dodol macam dodol Garut begitooo….

Dijelasin begitu, sekali lagi mereka cuma terkikik-kikik ndongkolin….
Capreee dreeeeh….

Iklan

32 thoughts on “Boso Jowo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s