Cerita dari Solo

Weh… ( lho belom-belom kok sudah weh to…. ). Ehem-ehem, saya kudu membiasaken diri dulu untuk kembali menggunakan basa Indonesa, setelah hampir sepuluh hari saya bebas merdeka membiarkan diri ini micoro alia bicara basa Jawa. Balas dendam gitu lho… wong di mBekasi aku jadi suku terasing yang kudu ngomong mBetawi di rumah sendiri…

Kesempatan pulang ke Solo selalu menjadi kesempatan buat aku untuk sedikit memutar balik sang waktu ( lah, kok malah kebablasan ber-basa Indonesa-nya ). Tidur di kamarku sendiri -dulu sih penguasa tunggal, tapi sekarang kudu trimo uwel-uwelan sak anak-bodjo disitu-. Trus sok nostalgia muter-muter Solo, sambil mengenang jaman dulu, mbanding-mbandingken… dulu gimana sekarang gimana… wis, pokoknya berasa jadi orang tuwek dah ! hobinya mengenang dan mengenang….

Soooo, secara umum sih aku seneng banget liat Solo yang berasa makin cantik dengan siti wok-nya ( baca : city-walk), banjarsari yang terlihat bersih, wis pokokna berseri bener dah ! Cuma terus terang saja, aku mulai agak ‘terganggu’ dengan invasi kapitalisme ( waduh !! ) di Solo. Warung ayam goreng gambar pak Jenggot, donat ini donat itu, roti ini roti itu, dept.store ini dept.store itu, pizza… sama ama yang di Jakarta. Mal juga mulai bermunculan, dengan tampilan ( tentu saja ) nggak jauh beda ma yang di Jakarta.

Dan nggak asik kan, kalau jauh-jauh dari mBekasi tapi maennya ke mal juga. Wong begitu ke mal masuk bleng… ilang deh mambu Solo-nya, atmosfer Solo-nya menguap. Tapi kalau Lebaran ke Solo paling tidak aku musti 2 kali ke mal, pertama waktu baru datang. Ini dalam rangka mempersiapkan logistik di rumah mbah Uti yang biasanya adem-ayem-tentrem, tapi tiba-tiba ketiban pasukan doyan makan van mBekasi, jadi ya wis daripada di demo pasukan kelaparan.

Yang kedua kalo pas abis Lebaran, saat mucul-nya BKB, alias Bocah Kaya Baru, sugih mendadak dari nodong pitrah pakde-bude oom-tantenya, bahkan mbah Uti-nya juga ditodong. Jadi abis panen pitrah mo-nya petentang-petenteng ke mal, blanja-blanji gitu… wis, norak ndeis deh…

Iklan

33 thoughts on “Cerita dari Solo

  1. Bener mbak.. selama 2 tahun ini juga, sok sok an kalo pulang kampung terus bernostalgia. Yang paling sakit hari ngelihat tempat2 bersejarah sudah jadi mall ato ruko.. duh.. pemda ini kok ya nggak mempertimbangkan sejarah dan nostalgia ya…

  2. waah, Ping, masa sih Solo sekarang kaya gitu? Jangan aja ujung2nya seperti Bandung. Lebaran kemarin Bandung macet2 di mana2, terutama jalan yg ada FO-nya berjejer2…kesannya gk Solo lagi dong..

  3. pingkanrizkiarto said: Jadi abis panen pitrah mo-nya petentang-petenteng ke mal, blanja-blanji gitu… wis, norak ndeis deh…

    pitrah-ku ndi bulik?? ………. aku yo sih patut dipitrahi loh ….xi…xi..xi…

  4. hobbygue said: Jangan aja ujung2nya seperti Bandung. Lebaran kemarin Bandung macet2 di mana2, terutama jalan yg ada FO-nya berjejer2…

    iya, sekarang mo ke Bandung perasaan dah males aja ngebayangin macetnya….

  5. pingkanrizkiarto said: waduh, lha kok dirimu ternyata lebih tahu…. patut dicoba nih !

    soale bis Eka yang tak tumpangin Jogja _ Surabaya pasti ngetem di terminal Tirtonadi dulu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s