Lanjutan penjual keliling #2

Melanjutkan ulasan tentang para tukang jualan kemarin ( hayah…), aku jadi inget para tukang waktuku kecil hidupku amatlah senang dahulu, di Solo…. Jajanan blom seperti sekarang-sekarang ini sih. Blom ada pop ice, burger, chiki, creepes, es krim… eh, es krim ada sih, cuma ya masih jarang n termasuk jenis makanan yang tak tergapai alias mahaaal. Lha wong duit jajanku tu paling top 15 rupiah, itu juga nggak tiap hari

Tapi sebenernya itu juga sudah lumayan kok… soalnya dengan duit 5 perak aja aku sudah bisa beli jajanan es sirup campur buah, alias koktil, tapi koktil jadi-jadian. Wong sebenernya cuma air sirup warna jingga, diplastikin kecil-kecil dengan secuil pepaya dan secuil nanas didalamnya. Kalo diinget-inget sekarang ini, kok itu jajanan kayaknya ngenes banget, kasiyaan banget gitu ya ? tapi pada waktu itu, pada masanya… . Woooo, jangan ditanya ! suegeeeer tenan deh !!

Selain itu ada rambak, makanan sejenis krupuk gitu. Potensial penyebab batuk sih, tapi Alhamdulillah, daku fine-fine aja tuh, murah meriah dan brisik… lha wong kalo digigit nyaring bunyinya . Atau kalau pengin makanan yang kalo digigit ngelawan, belinya balung kethek ( e kedua dibaca kayak kalo membaca kata ‘esok’ ). Mau tau artinya ? tulang monyet…. Hehehe, serem namanya yak ? kalau nggak salah dibuat dari ketela pohon. Nggak tau gimana cara masaknya, yang jelas kalau mo makan musti ekstra sabar, soalnya keras banget ! dan yang jelas bukan untuk konsumsi para kakek dan nenek.

Trus kalo lagi kepingiiiiin banget, aku beli es potong. Hanya kalo kepingiiiiiin banget, soalnya sekali jajan es potong, habis sudah jatah jajanku yang 15 rupiah itu. Tapinya memang enyaaaak sih ! slruuup ….Haiya, puasa-puasa begini posting makanan mulu… Eh, sebenernya ada satu tukang yang kepingin aku lihat lagi sekarang ini -bukan penjual makanan sih-, walaupun nggak yakin masih ada… dialah si tukang patri. Masih ada yang pernah ketemu ?

Dulu aku suka banget merhatiin pak tukang patri sedang bekerja, merhatiin bahan tambalan panci yang dipanasin di atas tungku arang. Awalnya tambalan itu bentuknya padat, kayak kawat geto –wis mbuh apa namanya- tapi trus karena dipanasin berubah bentuk jadi cair dan berwarna perak mengkilat, trus mak-nyosss ( bukan mak-nyus lhooo… jauh !! ), dipake buat nambal panci deh…

Selain tukang patri, ada satu lagi yang rasanya sudah nggak pernah terlihat lagi, mbok-mbok tukang jualan karak. Karak tu sejenis krupuk yang dibuat dari nasi. Dulu karak-karak itu ditaruh di dalam tenggok ato keranjang bambu yang digendong di punggung. Tapi biar bisa nampung banyak tu tenggok diperpanjang ( jadi tenggok extention gitu, cuma kalo yg ini gak perlu ke salon kayak kalo mo hair extention… halah, malah oot ) keatas, disambung dengan anyaman bambu yang bentuknya jadi kayak semacam corong geto… bisa dibayangin gak ya ? wis pokok’e gitu lah.

Tapi berhubung orang tuaku bukan penggemar karak, jadi ya si mbok itu nggak pernah dipanggil mampir ke rumahku. Yang biasanya suka manggil si mbok tukang karak tu malah tetangga sebelah rumah. Jadi kalo si mbok karak itu lagi mampir ke sebelah rumah, aku suka ngglibet aja, wira-wiri di deket-deket situ… siapa tau ditawarin karak sepotong, dua potong, tiga potong…. Weh, ngomongin makanan lagi… wis ah !!

28 thoughts on “Lanjutan penjual keliling #2

  1. hahaha… Balungkuwuk kalau dibesta gula dan cabe dan bawang enak lho.. hmmm… jadi pingin…Terus es buah itu dikampungku juga ada.. es potong juga ada.. enaaaak sekali prasaan.. opo karena dulu gak gablek duit ya jadi sekalinya jajan enaaaak banget.Karak kalo dideplok dikasi gula namanya apa hayooo!

  2. paloepiningrum said: hahaha… Balungkuwuk kalau dibesta gula dan cabe dan bawang enak lho.. hmmm… jadi pingin…Terus es buah itu dikampungku juga ada.. es potong juga ada.. enaaaak sekali prasaan.. opo karena dulu gak gablek duit ya jadi sekalinya jajan enaaaak banget.Karak kalo dideplok dikasi gula namanya apa hayooo!

    opo mbak??? nggak ngerti…..

  3. paloepiningrum said: opo karena dulu gak gablek duit ya jadi sekalinya jajan enaaaak banget.

    benar dan betul sekali kayaknya Ning…. nikmatnya orang gak gablek duit ya disitu kali ye ? *dan saiki yo isih gak gablek duit*

  4. paloepiningrum said: Karak kalo dideplok dikasi gula namanya apa hayooo!

    dikampungku itu namanya Emput.. !! hihihiditaro di contong kertas, trus dimakan dari bawah. Biasanya anak2 suka iseng, ditiup2, jadi temennya putih semua.. hahahaha

  5. lek nang nggonku , ono jajanan sing jenenge “Arbanat”..”Arbanat” = sin gkoyok nang monas, digawe soko gula, dibungkus plastik, warna Pink. lek jare wong betawi = rambut nenek-2.

  6. candras said: “Arbanat”..

    Sampeyan wong asli endi ? Klo di jatim nyebutnya juga arbanat, seingat saya yang itu namanya arum manis. Tapi dulu jaman kecilku bentuknya gak selembut arbanat, agak kasar. Dan asli enakkk..( dan itu harus gula asli, klo gak gula asli gak bisa )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s