Penjual keliling

Rumahku berada di komplek perumahan kelas menengah jurusan terjun ke bawah. Jadi bukan tipe komplek elit yang biasanya steril ( eh kok syerem ya istilahnya ? ) dari abang-abang, mbok-mbok, ibuk-ibuk pedagang keliling. Dari pagi-pagi mpe malem-malem, adaaaa aja yang lewat. Paling pagi biasanya tukang kue pancong ( anget-anget, nyeeem enyaaak ), lalu ada mpok-mpok tukang jajan sarapan kayak ketan ma nasi uduk, trus abang tukang kue keliling, lanjut dengan abang tukang bubur ayam yang naik motor. Teriakannya khas, cempreng dan rada nyelekit di kuping : bubuuuuur ayaaaaaeem… berasa kurang afdol, beliau teriak sambil mencet klakson yang bisa bikin ayam gagal bertelor, dahsyat ngagetinnya geto…

Selanjutnya ada tukang sayur, tukang ayam mentah, tukang buah, tukang asah pisau, tukang kembang, tukang sol sepatu, tukang remote, tukang gorden, tukang permak lepis ( permak levi’s maksut’e ) tukang odong-odong, tukang topeng monyet ( langganan Faiz tuh )…. weh banyak juga ya ? Belom lagi yang sore, tukang jajanan ngider banyak banget, somay, bakwan malang, batagor… wis, you name it dah ! pokok’e mpe malem jalan terus ! Beberapa ada yang jadi langganan, ada yang sekali dua dipanggil, ada juga yang sama sekali belom pernah bertegur sapa.

Macem-macem sih orangnya, tapi rata-rata baik dan sopan. Tapi aku pernah jengkel berat ma tukang kembang yang suka lewat depan rumahku. Waktu itu karena aku baru mulai bikin taman ( eheemmmm, taman apaan to…. ) ya aku sering beli ke dia, biasanya sih kalo Sabtu-Minggu, waktuku berkebun. Salahku juga sih nggak cek-cek harga, eh begitu sekali waktu aku beli di tukang tanaman yang mangkal di pinggir jalan, ternyata harganya jauh lebih murah dari si abang keliling. Kalo cuma beda agak banyak sih mungkin aku masih gpp, itung-itung ongkos dia muter-muter. Tapi ini dua kali lipat lebih. Dan yang lebih nyebelin lagi, waktu kutanyain kok harganya beda jauh banget, jawabannya adalah : Ibu kan duitnya banyak. Duh… antara gondok, sebel ma pengin bilang AMIIIIIN ( yg kenceng nih ! ).

Nggak tau kenapa, aku rasanya jadi kayak abis kena tipu aja…. bukannya mo ngungkit-ngungkit, tapi selama ini aku kan udah sering banget beli ke dia, langganan geto… mbok ya berlaku asas saling menguntungkan gitu lhoooo…. ambil untung yang wajar-lah, kan jadi sama-sama seneng, awet jadi langganan….kok kayaknya malah asas pemanfaatan yang dipakai…. Yo wis-lah, aku jadi males beli-beli ke dia.

37 thoughts on “Penjual keliling

  1. Yah kejengkelannya mbak Pingkan bisa dimaklumin deh. Tapi btw, kayak mbak Belly bilang di atas, kalau aja ada tukang jual makanan keliling di malam hari di sini… hhh… aku nggak usah capek masak berat deh… 🙂

  2. hobbygue said: seandainya ada tukang jual jajanan keliling di sini….

    bener.. andai aku masih bisa dengar suara tukang tempe, tukang tahu, tukang bakso, tukang rujak, tukang tahu tengteng, tukang somai, tukang gadogado, dan tukang-tukang yang lain… oh bahagianya hatikuuu

  3. pingkanrizkiarto said: Dari pagi-pagi mpe malem-malem, adaaaa aja yang lewat. Paling pagi biasanya tukang kue pancong ( anget-anget, nyeeem enyaaak ), lalu ada mpok-mpok tukang jajan sarapan kayak ketan ma nasi uduk, trus abang tukang kue keliling, lanjut dengan abang tukang bubur ayam yang naik motor.

    wah enak sekali nih Pingkan gak perlu kalau males masak tinggal nunggu abang atau mbok-mbok.

  4. Eh salah ya, ini ngomongin yang jualan sekarang… Jarang nih Mbak aku beli, paling-paling ya putu itu. Tapi agak kapok, rasanya beda banget sama yang di Jawa… Soal harga emang biasanya langsung membekas ya… Berbuah ‘dendam kecil’ hehehe…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s