Ngutang ?

Beberapa hari yang lalu aku dapet telpon

“Dengan ibu Pingkan ?”

“Ya, saya sendiri”

“Saya dari bank ABC
(what ever-lah itu ), ibu mendapat kehormatan untuk menerima kartu kredit platinum ABC”

We lha, opo maneh iki…. kredit ? ngutang ? boleh ngutang kok kehormatan to mas, mas…

“Saya nggak tertarik bikin kartu kredit”

“Sudah punya kartu kredit Bu ?”

“Nggak, saya nggak mau punya kartu kredit”

“Kenapa Bu ? kartu kredit sebelumnya sudah dipotong ?”

Waks… ini orang kok otw kurang ajar juga ya…..

“Saya nggak pernah punya kartu kredit dan nggak berniat punya kartu kredit”

si Mas telesales ini masih nanya juga
“Ibu bekerja atau di rumah saja ?”

“Saya dirumah saja”
Maybe it will be good if he think that I’m just a housewife, n my husband pays all the bills (kalo kenyataannya emang gitu, heavenly juga kali ye, hehehehe….)

“Bagaimana dengan Bapak Bu ?” Bapak’e sopo…. batinku mulai kesel

“Bapak dinas diluar kota” aku gak bo’ong kan ?

Jadi begitulah…. aku meletakkan gagang telpon masih dengan grundelan, boleh ngutang kok kehormatan ! Lalu aku jadi inget beberapa tahun yang lalu tetanggaku nawarin apply kartu kredit juga. “Ambil aja bu Adi, kan bisa lebih praktis” Iya sih, tapi pake kartu debet juga praktis kok. “Tapi kan lebih enak kalo pake kartu kredit, bisa bayar belakangan”. Tuh kan…. judulnya ngutang juga kan akhirnya ? Ngutang kok enak…..

Terus terang aku emang rada alergi ama yang namanya kartu kredit, ogah banget, kartu debet sudah cukup buatku. Dan selama ini Alhamdulillah hidupku fine-fine aja tanpa beliau itu. Mungkin karena lifestyle-ku yang kuno n cenderung ndeso kali ya ? hehehehe…..tapi rasanya fun-fun n asik-asik aja tuh….Pengin bli-bli barang ? kalo punya duit ya beli, kalo nggak ya nggak usah beli.

Bukannya mo nyombong sebagai orang yang bebas kredit. Untuk hal-hal penting n perlu duit gede, kayak waktu beli rumah munyil kami dulu, kami sempat jadi pasien bank BTN yang kena ‘wajib lapor’ tiap bulannya. Tentu saja dengan memendam rasa sakit hati kalo inget betapa angsuran tiap bulan yang kami bayarkan sebagian besoaaar abis hanya untuk bayar bunga aja. Sedangkan utang pokok-nya hanya berkurang dikiiiiiit aja…. hiks !

Sebenernya nggak antipati banget sih, gimana juga kartu kredit juga menawarkan kemudahan buat pemegangnya. Balik lagi ke pemegangnya, aku tau ada yang bisa dengan cerdiknya memanfaatkan kartu kredit, gonta-ganti kartu kredit buat ngejar free annual fee tahun pertamanya, bayar tagihan tepat waktu jadi nggak perlu bayar bunga, rajin ngedaftar diskon-diskon yang ditawarin ( asli Perempuan Pemburu Diskon kelas berat !!!! ).

Tapi aku juga kenal ma orang yang parah banget. Main gesek sana-sini, n kelenger begitu billing statement dateng, bayar minimum payment-nya aja nggak mampu. So, end up as buronan debt collector…. hih syerem !

14 thoughts on “Ngutang ?

  1. hhehehe..iya mbak, kudu pinter2 ..bayar mesti fulll, adn kita tinggal nikmati discountnya aja tuh, asik kan nonton bedua bayar 1 tiket..hehhe..kan yang 1 lagi bisa buat beli pop corn..:D

  2. eh iya ya, kenapa debt collector tuh kesannya sangar-sangar semua… saya langsung mbayangin cowok-cowok kekar yang doyan fitness, yang ototnya bertonjolan dimana-mana, yang pake kacamata item, tampangnya syereeemm..

Tinggalkan Balasan

