Perpustakaan di rumah

Sudah lama banget aku pengen punya perpustakaan. Selama ini sebenernya memang sudah ada tiga rak buku di rumah ( n beberapa buku yang berceceran nggak tau kemana… hiks ! ), tapi kayaknya itu blom bisa dibilang perpustakaan deh… lha wong nggak diurus rapi, maen taruh, maen tumpuk aja…. paling2 aku pisahin aja bukuku ma buku-nya anak-anak

Nah itu lagi, anak-anak… kayaknya nggak cukup satu mulut deh, ngasih tau kalo abis baca tu balikin lagi ke tempatnya. Udah dirapi-rapi-in, nggak sampe seminggu juga udah acak aduk lagi… nggak komplit lagi nurut set-nya bejejer di rak. Dicari-cari, taunya nyungsep dibawah tempat tidur… aduh say, ini Ibu beli-nya juga ngangsur… ( macam bli BTN aja tuh ! ). Aku tu maunya buku tu walopun dibaca tapi dijaga biar tetep bagus gitu lho…

Barangkali itu juga yang bikin aku males untuk ‘berbagi’ buku yang ada dirumahku… pengin sih, buka perpustakaan buat anak-anak di sekitar rumah. Tapi ya itu, terlalu berlebih kali ye penginnya… mo-nya buku gak boleh jadi jelek ! Abis keinget pengalaman Bokap dulu, ‘minjemin’ buku-buku koleksiku ( setelah aku kuliah ke Jakarta ) ke perpustakaan RW. Nggak lama tu perpustakaan bubar jalan, trus buku-buku itu ( sebagian ! ) dibalikin lagi ke rumah Bokap. Sediiiiih deh ngeliatnya, ada yang gak da covernya lagi, sobek… n yang bikin aku pengiiiin marah baget tu : dicorat-coret sodara-sodara !

Bener2 vandalisme yang ngeselin banget, norak abiz ! Hiks…hiks… Sapta Siaga-ku, Lima Sekawan-ku, Winnetou-ku, Hardy Boys-ku, Trio Detektif-ku….. ( duh, buku2 jadul ! lha namanya juga koleksi remaja 80-an ) Huh banget deh pokoknya ! Seharusnya nggak usah dibalikin sekalian aja kali ya ? biar nggak sakit ati….

So daripada aku buka pintu perpustakaan di rumah, tapi mo-nya ngawasin terus sambil bawa-bawa gagang sapu ( wih, sadis ! ), mending masukin kardus, kirim ke orang-orang yang emang niat buka perpustakaan….

13 thoughts on “Perpustakaan di rumah

  1. crita-2 pink… he he…. koment2nya itu lho… lucu2aku jadi inget bukunya bapakku.satu lemari penuh. sekarang ga da yg ngurus.rumahnya jg disewa orang dengan lemari penuh buku masih disitu. dah hampir 5 tahunan kali .. orang sewanya sejak 2002

  2. Sama deh kayaknya….Kalo mo bikin perpustakaan emang musti siap kejadian seperti itu.Dulu waktu anak2 masih kecil, saya juga buatkan perpustakaan. Tapi sekarang bukunya udah gak tau kemana…Sekarang yang masih tersisa, saya masukkan lemari yang terkunci dan gak bisa diliat orang. Ada sih 2 lemari kaca isi buku2, tapi saya belon siap lagi untuk jadi perpustakaan. Lagi mikir gimana ya caranya perpustakaan di internet gitu???Apalagi saya masih punya satu lemari isi buku2 craft gitu… Gak berani deh nawar2in orang ngeliat, entar dipinjam dan gak kembali…. huuuuuu!!!

  3. sama mbak… banyak banget buku yang gak tau berceceran dimana2…udah gitu cape banget beresinnya…yang ngacauin banyak…belum lagi aku juga gak suka kalo buku jadi keriting…apalagi gak pake baju….sedih deh

  4. pingkanrizkiarto said: huhuhuuu…. mo liat dong… pasti bagus-baguuuus. Share aja di MP Bunda !

    Saya coba share lewat REVIEW. Sedikit2 aja ya… Soalnya downloadnya luama banget!!!!

  5. qomolungma said: cape banget beresinnya…yang ngacauin banyak…

    tapi kalo nggak dikacau-in berarti gak dibaca ya….? hehehe…. yah,akhirnya aku turunin standar juga lah sedikit kalo ma anak-anak, biarin deh yang penting mereka jadi seneng baca

  6. wah…wah..wahhh… kalo begitu caranya ya c d ( capek dech )udah bukunya di baca sendiri dan keluarga aja kelo begitu biar ga repot dan ga pusing tentunya (pelit biarain aja heheheheeh…..)

  7. Mbak Pingkan, di perpus RW bukunya jadi jelek, tapi kan udah banyak kepala yg membaca… mungkin belasan, mungkin puluhan… Klu disimpan di rumah tetep bagus, tapi cuman 2-3 orang saja yang baca :)Tapi emang sih, pembaca di perpustakaan umum harus diajarkan memelihara dan menghargai buku, supaya tu buku awet dan bisa dinikmati lebih banyak orang.

  8. ho-oh…. setojooooo….makanya jalan tengah yang kuambil tu mending sekalian nggak usah liat aja deh…. kirim aja ke perpustakaan yang jauh, jadi nggak liat kalo misalnya tu buku jadi jelek, jadi nggak ngerasa ‘sakit ati’, gitu lho…. hehehehe…

Tinggalkan Balasan

